spot_img
30.1 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Tuntaskan Pembelajaran Alat Transportasi dengan Macromedia Flash

Taman Kanak-kanak (TK) merupakan rumah kedua bagi anak anak untuk menimba ilmu dan bermain. Menurut Suyono (2016:27) Taman Kanak-kanak merupakan penghubung keluarga dengan konsep dunia bermain dan belajar yang lebih terarah. Sehingga cikal bakal pendidikan anak dimulai pada fase ini. Sarana dan prasarana di tingkat Taman Kanak-kanak isesuaikan dengan usia dengan tujuan  agar memungkinkan anak untuk mngembangkan diri sesuai dengan tingkat perkembangannya. Pembelajaran harus dimulai sejak dini. Karena TK merupakan fase awal dalam pembentukan karakter anak serta penggalian bakat dan minat mereka.

Beberapa kendala yang dihadapi pada aktivitas pembelajaran  di Kelompok B  TK Pembina Ulujami Kabupaten Pemalang, sering kali anak merasa bosan dengan media yang sudah disediakan. ini terjadi karena beberapa hal yakni karena media yang diberikan tak bervariasi sehingga anak kurang begitu tertarik dengan media tersebut, yang kedua dikarenakan minimnya media yang cocok untuk TK B. Keterbatasan tersebut sering kali dijadikan alasan mengapa guru guru TK tidak pernah mengajak peserta didiknya untuk melakukan proses pembelajaran menggunakan multimedia di kelas. Akibatnya anak kurang menyukai materi apa yang disampaikan guru khususnya dalam materi pengenalan alat transportasi.

Baca juga:  Mengurutkan Bilangan Sambil Bermain

Masalah atau kendala yang ada haruslah  ditindak lanjuti dengan solusi atau gagasan yang membangun. Sehingga tujuan utama pembelajaran untuk menggali dan mengembangkan bakat dan minat anak pada usia dini bisa tercapai dan hasil belajar bisa meningkat. Minimnya penggunaan media pembelajaran di sekolah pada waktu proses pembelajran, mendorong penulis untuk mencoba pemanfaatan media dengan menggunakan software Macromedia Flash untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman siswa mengenai pokok bahasan yang dipelajari.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap materi yaitu melalui pengembangan media pembelajaran animasi yang dibuat dengan software makromedia flash dan ditayangkan dengan LCD. Menurut Bunyamin(2011:54) Macromedia Flash merupakan program yang biasa digunakan untuk membuat animasi pembelajaran secara sederhana. Keunggulan dari program ini adalah guru bisa membuat atau mencptakan design media pembelajaran dengan gerak, audio, video  yang menyerupai keadaan aslinya sehingga mudah dipahami oleh anak. Dengan pemanfaatan media yang disediakan diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran dalam mengurangi suasana yang statis dan dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, menarik, interaktif dan menyenangkan. Selain beberapa manfaat macromedia flash yang disampaikan di atas, kegunaan lain dari pemanfaatan media ini juga dapat menciptakan berbagai animasi sederhana yang sudah disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan sehingga tidak menimbulkan kebosanan terhadap siswa. Hal ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk menciptakan suasana belajar yang berbeda dan menarik siswa untuk mengikuti tahapan pembelajaran.

Baca juga:  Praktikum Berbasis Bahan Rumahan, Solusi Masa Pandemi

Berdasarkan capaian hasil belajar yang diperoleh pada kelompok B TK Pembina Ulujami Kabupaten Pemalang pada materi alat transportasi dengan bantuan media pembelajaran Macromedia Flash mampu meningkatkan capaian  hasil belajar. Hal ini tampak dari adanya peningkatan nilai rata – rata kelas yang pada awalnya (89,4) dengan persentase keberhasilan 72%. Peningkatan Nilai tersebut dikarenakaan media belajar Macromedia flash mampu memberi warna berbeda pada aktifitas pembelajaran. Para siswa merasa senang dan antusias unt7uk menerima materi pembelajaran.

Nanik Sri Wulandari SPd AUD,

Guru TK Pembina Ulujami Kab. Pemalang

spot_img

TERKINI