Perubahan pola pembelajaran pada masa Pandemi Covid-19 menjadi Pembelajaran Jarak Jauh menyebabkan permasalahan baru. Pembelajaran jarak jauh dirancang khusus dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Peserta didik lebih banyak menggunakan waktu belajar melalui dunia maya. Kekhwatiran orang tua terhadap dampak negatif berinteraksi dengan dunia maya, merupakan tantangan bagi guru dalam pembelajaran. Di sisi lain, penurunan motivasi belajar juga berdampak menurunnya hasil belajar.
Hasil pengamatan penulis pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Slogohimo tahun pelajaran 2020/2021, pada pelajaran biologi Kompetensi Dasar Kingdom Animalia, motivasi dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Siswa mengeluh merasa jenuh dan sulit memahami materi. Siswa lebih suka mengakses konten yang tidak terkait dengan pembelajaran. Sebagian siswa merasa kurang didukung orang tua dan harus membantu pekerjaan di rumah pada saat jam belajar. Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan Google Class Room, penulis mengarahkan peserta didik untuk membaca diskripsi materi dan penugasan berupa soal. Pada 36 peserta didik, motivasi belajar rendah ditunjukkan hanya 58% orang yang mengikuti pembelajaran serta tepat waktu ketika mengumpulkan tugas. Pada nilai KKM 72, terdapat 55% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan rerata nilai 60. Melihat permasalahan tersebut, penulis mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui pemanfaatan media Book Creator untuk meningkatkan hasil belajar biologi Kompetensi Dasar Kingdom Animalia.
Media pembelajaran jarak jauh mensyaratkan penggunaan teknologi dan internet. Revolusi teknologi komunikasi membantu guru untuk merencanakan dan membuat media pembelajaran berbasis Informasi Teknologi. Yaumi (2018) menjelaskan “teknologi pembelajaran disini dapat berupa media yang bisa membantu untuk mempermudah manusia dalam hal pekerjaan terutama dalam bidang pendidikan”. Pembuatan media book creator memungkinkan guru menyusun materi, tugas, review, refleksi dan evaluasi dalam sebuah e-book. Aplikasi book creator ini sarat dengan multimoda dan dapat diakses secara gratis oleh pengguna. Guru dapat memasang pesan suara, gambar, video maupun link pembelajaran. Kreatifitas guru dalam penyusunan buku dapat dikolaborasikan dengan peserta didik sehingga akan lebih menarik. Output berupa e_pub dapat dibuat versi cetak, namun pembaca tidak dapat langsung mengakses konten jika berupa link. Book creator dapat dibaca tanpa harus diunduh selama jaringan internet tersedia.
Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus I, penulis menggunakan media Book creator materi Kingdom Animalia. Peserta didik mempelajari materi dan mengerjakan soal pada Book Creator. Pada siklus II, peserta didik mempelajari materi dan mengerjakan tugas maupun soal pada Book Creator, sekaligus dibimbing menjadi kolaborator konten. Guru mengembangkan Book Creator yang telah mendapat feedback peserta didik, dengan demikian peserta didik terlibat aktif pada media tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan book creator meningkatkan partisipasi serta ketepatan mengumpulkan tugas dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, tingkat partisipasi serta ketepatan mengumpulkan tugas menjadi 60%, ketuntasasan kelas menjadi 60% dengan rerata nilai 65. Pada siklus II akhir penelitian, partisipasi serta ketepatan mengumpulkan tugas meningkat menjadi 70 %, ketuntasasan kelas menjadi 70% dengan rerata nilai 73.
Dengan hasil di atas, diyakini bahwa media pembelajaran Book Creator dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Biologi materi Kingdom Animalia.
Arsida Erma Avianti S.Pd.,MBA
SMA Negeri 1 Slogohimo, Wonogiri