24.1 C
Semarang
Jumat, 15 Agustus 2025

Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Langsung

Pendidikan termasuk penyampaian ilmu pengetahuan yang dilakukan. Tujuan pendidikan menjadi paduan bagi seluruh kegiatan dalam sistem pendidikan. Tujuan dalam pendidikan Islam, yaitu (1) berkepribadian Islam, (2) menguasai pemahaman Islam, (3) menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dan keahlian) yang memadai. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Kloang Klede, 2003), hlm; M. Ismail Yusanto, dkk, Menggagas Pendidikan Islam,

Maka peran seorang guru sangatlah menentukan dalam menciptakan peserta didik yang memiliki berkepribadian Islam, menguasai pemahaman Islam, dan menguasai ilmu kehidupan (sains teknologi dan keahlian) yang memadai. (Bogor: Al-Azhar Press, 2011), hlm. 65.

Peningkatan hasil belajar siswa tersebut. Hasil pengamatan pernah dilakukan di Kelas III Sekolah Dasar SD Negeri 03 Serang Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan shalat dengan tertib, terdapat beberapa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Oleh Karena itu dalam pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa. Guru mengulangi materi pembelajaran yang kurang dipahami siswa. Guru memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa pada jam akhir pelajaran secara acak.

Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas III  Sekolah Dasar SD Negeri 03 Serang Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang belum memperoleh hasil yang optimal dan sesuai yang diharapkan.

Baca juga:  Home Visit Tingkatkan Keterampilan Calistung Siswa

Hal demikian sesuai dengan gejala-gejala yang ditemukan, oleh penulis: 1. Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan shalat dengan tertib. 2. Rendahnya nilai bacaan shalat yang dilakukan siswa 3. Rendahnya nilai praktek shalat yang dilakukan siswa 4. Sedikitnya di antara siswa yang mampu menghubungkan antara bacaan dengan praktek 5. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pokok bahasan shalat dengan tertib. 3 Dari gejala-gejala yang ditemukan di atas, secara umum juga dilatar belakangi oleh kemampuan guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kepada siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Fakta yang ditemukan bahwa metode ceramah yang digunakan guru selama ini cenderung mengakibatkan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian, dengan cara tanya jawab berpotensi terjadinya ketimpangan dalam pembelajaran, dimana dengan cara tersebut hanya sebagian siswa yang berperan aktif, sementara siswa yang lain tidak.

Untuk itu, perlunya kemampuan guru dalam menemukan dan menerapkan model pembelajaran baru dan inovatif. Sehingga siswa lebih berperan aktif dan terlibat dalam pembelajaran.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPAS Dengan Model PBL Berbantuan Survei Sosial

Dengan demikian, akan menghilangkan sikap bosan siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI. Di antara model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran langsung.

Model pembelajaran pembelajaran langsung merupakan suatu model pembelajaran yang mengajarkan suatu materi pembelajaran secara struktur, sistematis dan dapat dipahami siswa oleh siswa seketika itu. Dalam model ini siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran,. Sementara guru hanya memfasilitasi dan menstruktur kelas dengan bantuan media pembelajaran yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

Sehingga siswa dapat menguasai secara utuh dari materi pembelajaran tersebut. Di sisi lain, dalam upaya guru agar siswa dapat menguasai dan memahami pembelajaran, maka dalam model pembelajaran langsung lebih menekankan dari segi prakteknya.

Maka setelah penulis mempraktekkan terutama pada kelas III materi pembelajaran shalat dengan tertib pembelajaran siswa, penulis menggunakan Model Pembelajaran Langsung di SD Negeri 03 Serang Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang  pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam hasilnya menjadi lebih meningkat.

Oleh:

Fauriyah, S.Pd.I

SD Negeri 03 Serang

Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya