Sekarang ini dunia sedang disibukkan oleh virus Covid 19. Masa Pandemi akibat Covid-19 sangat berpengaruh dalam segi kehidupan termasuk dunia pendidikan. Pelarangan kegiatan pembelajaran melalui tatap muka sudah lama diberikan pemerintah. Kegiatan belajar mengajar mulai beralih dari tatap muka ke daring dan luring. Sementara pembelajaran kelas I harus tetap berjalan. Sedangkan kondisi tatap muka tidak bisa dilaksanakan karena situasi pandemi semakin membahayakan. Hal ini juga terjadi di Kelas I SDN Kramat 02 Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. Tatap muka terpaksa tidak diperkenankan karena himbauan pemerintah untuk pemutusan dan pembatasan terdampaknya covid 19.
Banyak siswa tidak ke sekolah tetap bermain bebas di luar sekolah. Kegiatan ini sangat memprihatinkan. Kesadaran untuk menjaga kesehatan dan menjaga jarak belum bisa dilaksanakan secara baik. Kemudian sebagai guru kelas I berusaha untuk mencari solusi agar pembelajaran tetap bisa berjalan walaupun tidak maksimal. Guru menggunakan media gambar untuk memudahkan siswa dalam mengenal anggota tubuh. Sementara informasi yang disampaikan guru melalui WhatsApp group wali kelas I.
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar (dalam Sadiman dkk, 2010:6). Gagne menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Menurut Briggs media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar (Sadiman, dkk, 2010:6).
Angkowo (dalam Poerwanti, 2015:390), berpendapat bahwa media gambar adalah media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dengan gambar-gambar. Dengan adanya media gambar, akan dapat membantu guru dan siswa dalam menyampaikan dan menerima pelajaran, serta dapat menarik dan membantu daya ingat siswa. Menurut Waskito (2007:13), media gambar merupakan
lambang dari hasil peniruan-peniruan benda, pemandangan, curahan pikiran, atau ide-ide yang divisualisasikan ke dalam bentuk 2 dimensi (Fadillah dkk, 2012:3).
Menurut Hamalik (dalam Arsyad, 2010:15), pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Dalam menyampaikan materi pembelajaran guru penggunaan media gambar dengn langkah-langkah sebagai berikut: 1) Guru menyiapkan gambar tentang bagian-bagian anggota tubuh manusia; 2) Guru menyampaikan informasi melalu group WhatsApp kelas I; 3) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok; 4) Guru membagi kelompok siswa materi melalui gambar yang terdiri dari 3-4 siswa; 5) Guru memberikan jadwal siswa berangkat berdasarkan kelompok masing-masing; 6) Guru menjelaskan materi menggunakan gambar anggota tubuh; 7) Guru membagikan gambar yang sudah disiapkan; 8) Dalam evaluasi guru hanya melaksanakan Tanya jawab dengan siswa sambil menunjukkan gambar sesuai jawaban siswa; 9) Guru memberikan apresiasi kepada semua siswa sebelum pembelajaran di akhiri.
Berdasarkan pembelajaran yang sudah dilaksanakan pada materi mengenal anggota tubuh menggunakan media gambar, ternyata mampu memotivasi siswa untuk memahami materi pelajaran. Ketika guru memberi pertanyaan kepada siswa ternyata siswa mampu menjawab dengan baik sambil menunjukkan gambar. Kesimpulannya bahwa setelah guru menyampaikan materi pembelajaran mengenal anggota tubuh dengan menggunakan media gambar memudahkan siswa memahami materi pembelajaran di kelas I.
Oleh:
Kusripah, S.Pd.
Guru SDN 02 Kramat Kec. Pemalang Kab. Pemalang