spot_img
32.6 C
Semarang
Kamis, 26 Juni 2025
spot_img

Tingkatkan Vocabulary Siswa SMP Menggunakan Song

Kosa kata Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang digunakan sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional di seluruh dunia. Sehingga pendidikan di Indonesia memasukkannya dalam kurikulum sebagai salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari di tingkat sekolah menengah pertama. Ada empat aspek kemampuan berbahasa yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa Inggris yaitu reading (membaca), writing (menulis), listening (mendengarkan) dan speaking (berbicara). Keterampilan ini harus dikuasai oleh siswa agar mereka memiliki kompetensi berbahasa Inggris secara lebih, menyeluruh tanpa mengenyampingkan pentingnya komponen Bahasa Inggris (english componens) yaitu kosa kata (vocabulary), pengucapan kata (pronunciation), dan tata bahasa (structure) yang baik.

Keterampilan berbahasa membutuhkan penguasaan kosa kata (vocabulary) yang memadai. Penguasaan kosa kata (vocabulary)  yang memadai itu menentukan kualitas seseorang dalam berbahasa, tanpa pengetahuan yang cukup tentang kosa kata Bahasa Inggris, siswa tidak akan mampu menyampaikan atau menerima pesan secara efektif. Pernyataan ini diperkuat oleh Natianal Institute Leteracy (2006:126) bahwa, pembelajaran kosa kata harus dilakukan secara efektif, yaitu pembelajaran kosa kata secara kontekstual, pembelajaran yang sesuai dengan tujuan komunikasi, pembelajaran yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari, dan dilaksanakan secara aktif, kreatif, dan menyenangkan.  Dengan menguasai empat keahlian tersebut maka akan mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran dan pencapain indikator dalam setiap materi pembelajaran bahasa Inggris yang ada.

Kosa kata memegang suatu peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Seperti yang disampaikan Ismawati, (2011:207) bahwa kosa kata adalah unsur bahasa yang sangat penting, karena buah pikiran seseorang hanya dapat dengan jelas dimengerti orang lain jika yang di ungkapkan dengan menggunakan kosa kata. Perkembangan penguasaan kosa kata seseorang berpengaruh terhadap kemampuan dan ketrampilan untuk mengungkapkan ide dan bahasa secara tepat. Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal penting yang perlu dipahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran. Maka dari itu  penulis dalam meningkatan vocabulary kelas 7 SMP N 2 Kalijambe di masa pandemi ini  dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan song.

Sari (2009:180) menulis “Having entertainment in class. for a grammar class”. Pemanfaatan lagu merupakan hiburan di kelas yang menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. Kelebihan-kelebihan lagu sebagaimana disebutkan diharapkan bisa meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Materi yang diajarkan tidak berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. sehingga peserta didik masih menghadapi kesulitan dalam memahami majalah bahasa asing, lagu berbahasa asing, internet, dan film.

Suwartono (2012: 149-151) berpendapat bahwa ritme dan otentisitas lagu dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran bahasa. Ritme dan nada menghadirkan rasa senang. Sebagai bahan otentik lagu memotivasi bagi yang mendengarkannya untuk menirukan teks liriknya baik secara lengkap atau sebagian. Teks lagu berisikan contoh nyata pemakaian bahasa (language in use), tidak terkecuali pola-pola kalimat.

Untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa, penulis dapat menggunakan banyak media dan tekhnik yang menarik,  salah satunya yaitu menggunakan  metode song,  pada siswa kelas 7  SMP N 2 Kalijambe, Sragen. Mengingat besarnya potensi lagu (song) sebagai alat pembelajaran kegiatan yang dapat dilaksanakan di dalam kelas, guru perlu mengapresiasi penggunaan lagu untuk pembelajaran bahasa Inggris. Pengajaran dengan menggunakan metode lagu membuktikan bahwa lagu sebagai materi otentik dapat membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan, meningkatkan minat belajar siswa, dan mengintegrasikan kompetesi yang diajarkan di SMP N 2 Kalijambe di kelas 7. Satu hal yang juga perlu diperhatikan pengajar adalah ketika pengajar menggunakan lagu di dalam kelas,  bahwa metode lagu berbahasa inggris dapat meningkatkan kemapuan berbahasa inggris dan memperkaya perbendaharaan kata (vocabulary) sangatlah efektif.

Oleh:

Tein Maimuah,S.Pd

Guru Bahasa Inggris, SMP N 2 Kalijambe, Sragen

spot_img

TERKINI