spot_img
32.1 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Dengan Quizizz Belajar IPA Semakin Asyik

Merebaknya penyebaran virus Covid -19 yang terus meningkat berdampak pada dunia pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran dilaksanakan melaluiĀ  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kondisi ini menuntut guru untuk menyiapkan strategi belajar yang kreatif dan inovatif sehingga pembelajaran lebih menarik dan anak tidak jenuh dengan metode belajar yang monoton. Kemampuan menggunakan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh juga menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh guru, karena untuk menyampaikan materi tanpa tatap muka langsung akan mudah terlaksana jika didukung oleh penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

BagiĀ  sebagian besar siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Mrebet , mata pelajaran IPA dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Kesulitan belajar yang dialami siswa disebabkan karena rendahnya motivasi belajar . ā€œMotivasi belajarĀ adalah keseluruhan daya penggerakĀ dalamĀ diri siswa yang menimbulkan kegiatanĀ belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatanĀ belajarĀ dan memberikan arah pada kegiatanĀ belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyekĀ belajarĀ itu dapat tercapaiā€ (Sardiman, 1986: 75). Motivasi belajar siswa bisa dipengaruhi oleh pemilihan metode atau media pembelajaran yang digunakan guru saat menyampaikan materi pelajaran.

Baca juga:  Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas 4 SD Melalui Aplikasi WhatsApp

Banyak upaya yang dapat dilakukan guru untuk membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi quizizz. Ā QuizizzĀ adalahĀ aplikasiĀ pendidikan berbasis game yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas dan menjadikan pembelajaranĀ dalamĀ kelas lebih menyenangkan dan lebih interaktif (Purba, 2019).

Untuk memperdalam pemahaman siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Mrebet terhadap materiĀ  Ciri-ciri Makhluk Hidup, penulis memilih menggunakan aplikasi quizizz, karena aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan. QuizizzĀ tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa, asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. DenganĀ quizizz siswa akan merasa tertantang, karena skor yang diperoleh siswa Ā tergantung pada ketepatan dan kecepatan siswa dalam menjawab soal. Seperti sebuah perlombaan, quiziz Ā langsung membuat ranking antar siswa yang mengerjakan soal. Dengan adanya latar gambar dan musik pada quizizz menambah semangat siswa untuk bersaing memperoleh skor tertinggi. Kelebihan lain dariĀ quizizz adalah siswa tidak dapat saling mencontek, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya kepada orang lain atau melihat buku catatan. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui skor dan rangking yang mereka dapatkan . Siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Baca juga:  Scramble, Memudahkan Belajar Makna Kata dan Kalimat

Bagi guru, membuat soal pada quizizz cukup mudah. Guru bisa membuat soal sendiri, soal bisa berupa pilihan ganda, soal dengan banyak Ā jawaban, isian singkat, maupun esai. Guru bisa menambahkan gambar pada soal untuk lebih memperjelas pemahaman siswa. Selain itu guru juga dapat mengambil soal yang sudah dibuat oleh orang lain.

Dari uraian di atas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa quizizzĀ  bisa dijadikan sebagai salah satu solusi asyik untuk belajar IPA selama Pembelajaran Jarak Jauh.

Oleh : Munifah, S.Pd.

Guru IPA SMP Negeri 5 Mrebet, Purbalingga

spot_img

TERKINI