spot_img
33 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Discovery Learning Tingkatkan Motivasi Belajar IPA

Rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA, berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Selama ini, model pembelajaran yang diterapkan membuat para siswa menjadi pasif yang hanya secara terus menerus menerima materi atau pengajaran dari guru. Kondisi tersebut membuat siswa menjadi jenuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu upaya yang dapat mengaktifkan motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

          Discovery Learning adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Penjelasan tersebut sesuai dengan pendapat Hanafiah (2012, hlm.77) yang menyatakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.

          Tahap pertama pelaksanaan pembelajaran pada discovery learning adalah stimulasi atau pemberian rangsangan. Pada tahap ini siswa dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan keingintahuan sehingga merangsang siswa untuk

Baca juga:  Miniatur Siklus Hidrologi Sebagai Sumber Belajar yang Murah

          Dalam model pembelajaran discovery learning guru bertugas untuk membimbing dan mengarahkan para siswa untuk dapat belajar dan berpikir secara kreatif. Caranya adalah guru hanya menyampaikan materi secara garis besar dan selanjutnya para siswa dituntut untuk mencari informasi sebanyak mungkin, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan dan membuat kesimpulan.

          Model pembelajaran discovery learning diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar para siswa dapat dengan baik memahami materi yang dipelajari dengan cara menterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh mereka.

          Metode pembelajaran discovery learning akan membuat siswa berperan lebih aktif pada saat mengikuti proses pembelajaran. Selain itu, metode pembelajaran discovery learning juga akan melatih kemampuan para siswa untuk memecahkan suatu permasalahan. Selain itu juga, mencari jalan keluar atau solusi dari permasalahan tersebut dan mencari cara agar masalah yang sama tidak terjadi lagi di waktu yang akan datang. Rangkaian pembelajaran ini dapat dimulai dengan guru memberikan sebuah masalah yang akan membuat siswa menganalisis. Guru akan memberikan peluang agar siswa mencari informasi terkait masalah yang berkaitan. Guru akan mengamati dan mengambil kesimpulan yang akan menjadi pokok umum yang berperan untuk semua permasalahan. Sasaran dari model ini adalah meningkatkan pola pikir, mempelajari cara mendapatkan sesuatu dan menciptakan motivasi.

Baca juga:  Kolaborasi Ceramah dengan Simulasi Tingkatkan Hasil Belajar IPA

          Terbukti model pembelajaran ini berhasil diterapkan pada siswa kelas VI SD Negeri Panggung 12 Tegal. Sebelum menggunakan model ini siswa banyak yang pasif, akan tetapi setelah model pembelajaran discovery learning ini digunakan, hasil belajar dan motivasi siswa kelas VI pada SD Negeri panggung 12 mengalami peningkatan.

           

OLEH:

NOVI INDAHWATI, S.Pd

SD NEGERI PANGGUNG 12 TEGAL

spot_img

TERKINI