Pandemi yang melanda negara kita tercinta ini, sudah berlangsung sejak maret 2020, berdampak pada setiap bidang kehidupan kita. Termasuk di bidang dunia pendidikan, semua aktivitas di batasi, tidak bisa melakukan KBM secara langsung dan harus di tempuh secara online/daring. Salah satu dampak covid-19 adalah pembelajaran Jarak Jauh, yang mana guru diwajibkan untuk menguasai teknologi dan membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif, agar peserta didik bisa menerima pembelajaran dengan baik dan tidak mengalami kejenuhan. Kendala lain yang dialami adalah selain guru di tuntut untuk kreatif dan inovatif, murit juga harus mempersiapkan betul peralatan untuk pembelajaran seperti hp, pulsa quota yang cukup serta semangat yang tinggi untuk menerima pembeljaran daring. Karena sekarang ini sudah banyak peserta didik yang mengalami kejenuhan dalam belajar. Selain itu kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran, menyebabkan semakin menurunnya kualitas pembelajaran dan belajaran siswa menjadi kurang maksimal. Untuk itu kit harus membuat pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif dengan menggunakan aplikasi tertentu untuk mempermudah saat pembelajaran, dan peserta didik bisa menerima dan memahami dengan baik.
SMP N 2 baki sudah menerapkan BDR ( belajar dari rumah dan PJJ ( pembelajaran jarak Juh ) dengan baik dan maksimal, kususnya pada mata pelajaran bahasa inggris. Dalam PJJ bahasa inggris, kami sudah menggunakan aplikasi GCR ( google classroom ) yaitu aplikasi gratis yang berbasis web yang dikembangkan oleh perusahaan google untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan menggunakan medi GCR( google classroom ) yang mana siswa bisa mendonlowd aplikasi tersebut di hp android mereka masing-masing. Dengan media GCR sendiri diharapkan seluruh pembelajaran di SMP N 2 Baki bisa berjalan secara maksimal kususnya pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris. Dengan aplikasi GCR kita bisa memberi kan tugas, materi atau pun pembelajaran lain kepada peserta didik. Kita juga bisa mengarahkan anak-anak untuk absen kehadiran melalui link yang telah di berikan.dengan demikian ketika sudah ada tugas dan peserta didik sudah menegrjakan dan bisa di upload lewat Hp, Pc, ataupun laptop. Di GCR pula kita sebagai guru bisa langsung mengkoreksi pekerjaan mereka, memberikan komentar ataupun feedback yang mana bisa langsung terlihat oleh peserta didik lewat GCR mereka masing-masing. Jsi kita sebagai guru juga bisa mengetahui siapa saja yang sudah ataupun belum mengumpulkan.
Dalam pembelajaran bahasa inggris lewat GCR kita lebih bisa memaksimalkan dengan dengan mengirim file video pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bisa memahami materi dengan baik serta menghindari kejenuhan dalam belajar. Kita juga bisa memberikan soal-soal baik itu untuk ulangan harian atau pun soal semesteran dll melalui google formulir yang ada di GCR. Dengan menggunakan google formulir pembelajaran bahasa inggris semakin maksimal karena, memudahkan peserta didik untuk menjawab dan memudah kan guru untuk mengkoreksi. Dalam google classroom guru juga bisa menambahkan materi dari youtube, link, PPT, ataupun Pdf.guru juga dapat melakukan evaluasi dengan google formulir dan dokumen lain yang ada di google drive. Siswa juga dapat secara langsung mengetahuihasil pekerjaan mereka, setelah guru mengkoreksi dan langsung mengembalikan. Jadi dengan bantuan fitur-fitur yang ada di google seperti GCR sangat membantu sekali untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa inggris dan meningkatkan partisipasi peserta didik, seperti apa yang sudah dilakukan sang penulis di kelas VII mata pelajaran bahasa inggris di SMP N 2 Baki Sukoharjo.
Ari Widianita, S.Pd
SMP NEGERI 2 BAKI