spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Penerapan Model Pembelajaran Everyone is Teacher Here

Pada setiap sekolah, pendidikan Agama Islam memiliki fungsi untuk pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu siswa dalam berperilaku, menjadi tameng bagi siswa terhadap pengaruh-pengaruh buruk yang ada dalam lingkungan.

Proses belajar Agama Islam di sekolah sangatlah penting. Pembelajaran harus mampu membuat siswa dapat memahami setiap materi sehingga para siswa tidak hanya bersikap baik di sekolah namun dalam keluarga dan masyarakat. Keseuaian dan keselarasan ini merupakan tujuan yang harus dicapai dalam proses pembelajaran.

Salah satu usaha agar siswa dapat berkelakuan baik entah itu di sekolah ataupun di rumah, sangatlah dibutuhkan role model untuk dicontoh. Oleh karena itu pada kesempatan ini, penulis menerapkan salah satu model pembelajaran dalam materi perjuangan Nabi Muhammad SAW di Mekah pada siswa kelas 7 SMP N 1 KALINYAMATAN. Penulis menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu everyone is teacher here. Metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here  (semua orang adalah guru), adalah pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, mode pembelajaran ini menjadikan setiap siswa guru untuk teman-temannya.

Agus Suprijono, (2009:110) menyatakan Metode pembelajaran everyone is teacher here (setiap orang adalah guru) merupakan tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individu. Bagaimana tidak, hal tersebut dikarenakan setiap siswa diminta untuk membut pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari temannya. Sodiq (2001: 21), metode every one is teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuanmenganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.

Baca juga:  Paradigma Pendidikan Di Indonesia Kini

Penulis memilih materi mengenai perjuangan Nabi Muhammad SAW di Mekah. Materi tersebut sangatlah tepat untuk para siswa agar perjuangan Nabi Muhammad SAW dapat dicontoh oleh para siswa. Sehingga sikap dan perjuangannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-langkah yang dilakukan penulis yaitu meminta para siswa membaca materi perjuangan Nabi Muhammad SAW di Mekah. Para siswa membaca dan memahami kisah Nabi Muhammad SAW dari beliau lahir, saat terpilihnya beliau menjadi rasul hingga perjuangan dakwah beliau di Mekah. Setelah mereka membaca materi tersebut, para siswa diminta untuk membuat satu pertanyaan mengenai materi yang telah dibaca. Setelah itu pertanyaan tersebut dikumpulkan kepada penulis. Para siswa kemudian diberi waktu untuk memahami materi tersebut dan penulis membagikan lagi secara acak pertanyaan yang telah dikumpulkan tadi.

Baca juga:  Jigsaw Tingkatkan Keaktifan Belajar Operasi Hitung Campuran

Inti dari model pembelajaran ini yaitu saat para siswa menjawab pertanyaan acak yang telah mereka dapat. Dari pengamatan penulis terlihat ada siswa yang sibuk mencari jawaban namun adapula yang bersikap santai. Disini dapat dilihat kemampuan para siswa dalam membuat pertanyaan dan usaha mereka dalam mencari jawaban.

Seusai pencarian jawaban, penulis memanggil siswa secara acak untuk maju ke depan kelas untuk menjawab pertanyaan dan memberikan sedikit penjelasan. Dari setiap jawaban yang disampaikan siswa, penulis menilai kemampuan analisis para siswa. Ada yang menjawab dengan detail ada pula yang menjawab dengan singkat.

Dari kegitan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat melatih tingkat kepercayaan diri para siswa saat menyampaikan jawaban di depan kelas.  Selain itu para siswa juga dilatih kemampuan analisisnya dalam menjawab pertanyaan. Namun kegiatan ini cukup membosankan jika dilaksanakan dalam waktu yang cukup lama jadi perlu ice breaking ditengah-tengah sesi.

 

Oleh: Choirijah, S.Ag.

Guru: SMP N 1 Kalinyamatan Kabupaten Jepara

spot_img

TERKINI