Menurut Henry G Tarigan(2015:7) membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan,yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis.Tahapan dalam membaca meliputi pengenalan huruf konsonan dan huruf vocal,membaca suku kata, membaca kata serta kalimat sederhana. . Kegiatan membaca untuk siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas 1 SDN Kalipuring,Kecamatan Bruno masih dalam tahap membaca permulaan.
Menurut Kuntarto (Yani,2019:114)membaca permulaan merupakan kegiatan seseorang (anak) dalam mengawali aktifitas dengan mengenal huruf melalui simbol-simbol. Ada 6 metode membaca permulaan:1.Metode Abjad(Alphabet) metode ini dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf secara alfhabetis.Huruf-huruf tersebut dihafalkan dan dilafalkan anak sesuai dengan bunyinya menurut abjad,2.Metode Eja (Spelling Method) metode eja adalah belajar membaca yang dimulai dari mengeja huruf demi huruf.Siswa mulai diperkenalkan dengan lambang-lambang huruf dari a sampai z dan pengenalan bunyi huruf (fonem) Contoh : huruf( b) dilafalkan dengan / eb / huruf( d ) dilafalkan dengan / ed / dan sebagainya.3.Metode Suku Kata ( Syllabic Method ) Metode ini diawali dengan pengenalan suku kata seperti: ba,bi,bu,be,bo ca,ci,cu,ce,co da di du de do dan seterusnya.Kemudian suku-suku kata tersebut dierangkai menjadi kata-kata yang bermakna,misalnya: ba-ca, bu-ku, ba-ru
kemudian dari suku kata diatas dirangkai menjadi kalimat sederhana misalnya:Siti beli baju,Lani cuci muka kemudian ditindak lanjuti dengan proses penguraian bentuk-bentuk tersebut menjadi satuan bahasa terkecil.(kalimat – kata – suku kata), 4. Metode Kata (whole word method),5. Metode Kalimat/Global(Syintaxismethod),6.Metode SAS (Structural,Analytic,Syntatic)
Dari beberapa metode membaca permulaan yang bisa digunakan siswa SDN Kalipuring,Kecamatan Bruno tetap kurang bersemangat dalam kegiatan membaca,mereka sulit menerima materi yang berkaitan dengan membaca,belum lagi lokasi siswa yang berada dipedesaan, mereka menggunakan bahasa ibu dalam berkomunikasi sehari-hari, sehingga siswa terkadang asing dengan kata-kata baku bahasa Indonesia yang terdapat dalam buku pelajaran.Siswa juga ada yang belum mendapatkan pendidikan di Tk sebelumnya,ada beberapa yang sudah masuk RA itupun hanya siswa yang dekat dengan yayasan tersebut.
Setelah metode demi metode kita coba namun kurang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan rasa senang siswa dalam membaca, akhirnya kita mencoba cara lain yaitu dengan menambahkan gambar pada setiap kata/kalimat yang akan dipelajari.misalnya: kita akan mengajarkan suatu kata benda maka kita harus memberikan gambar sesuai dengan kata tersebut contoh : baju, batu, meja, tas, sepatu.Begitu pula pada kalimat sederhana contoh:Ibu mencuci baju, Siti makan nasi, Udin minum susu, Beni main sepeda .Maka kita bisa menambahkan gambar sesuai kalimat yang diajarkan.
Dengan” megar”( metode gambar) seperti ini memang sangat memotifasi siswa untuk lebih aktif dalam membaca,siswa lebih senang mengikuti pelajaran,sehingga siswa lebih cepat bisa membaca.Walaupun Teknik ini memang membutuhkan persiapan lebih bagi guru sebelum memulai pelajaran,karena guru harus mencari gambar, mengedit gambar sebelum mencetakknya namun upaya kita akan terbayar apabila melihat siswa-siswa lebih tekun dan aktif.
Sebagai guru kelas rendah kita memang harus lebih ekstra dalam mempersiapkan materi untuk anak-anak didiknya,kita juga harus lebih sabar dan lebih dekat dengan mereka.karena kesabaran dan kedekatan kita akan memperlancar jalannya pembelajaran,siswa tidak akan merasa takut dan tidak percaya diri saat dikelas.
Setelah dua semester kita menggunakan teknik gambar dalam pembelajaran membaca permulaan, siswa lebih antusias dan aktif dalam membaca.Mereka selalu penasaran akan gambar-gambar serta kalimat-kalimat berikutnya.Terbukti dari 29 siswa kelas 1 SDN Kalipuring,Kecamatan Bruno,27 siswa bisa membaca kalimat sederhana dengan lancar dan bisa naik ke kelas 2,terkecuali 2 siswa yang memang notabennya siswa luar biasa (SLB) /berkebutuhan khusus.
Dibuat oleh : ANI SETIAWATI S.Pd.SD
SD NEGERI KALIPURING