spot_img
27.4 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multimedia Tingkatkan Hasil Belajar PPKn

Strategi pembelajaran inkuiri berbasis multimedia bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Banyaknya pengembangan dan penelitian mengenai metode belajar maupun strategi pembelajaran oleh para ahli, sudah sepatutnya guru memahami berbagai metode belajar dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar disekolah. metode pembelajaran tersebut dapat dikembangkan dalam suatu strategi pembelajaran yang didukung dengan media belajar yang baik sehingga mampu memotivasi siswa dan menciptakan suatu proses belajar yang dapat mengeksplorasi wawasan pengetahuan siswa dan dapat mengembangkan makna sehingga akan memberikan kesan yang mendalam terhadap apa yang telah dipelajarinya. dalam proses belajar mengajar guru dominan menggunakan metode ceramah.

            Guru memegang peranan yang sangat dominan, dengan kata lain siswa dijadikan sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima informasi secara pasif. Komunikasi terjadi satu arah, yaitu dari guru kesiswa tidak ada rangsangan dari guru untuk meningkatkan aktivitas siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.terlihat dari kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa hanya menerima materi yang diberikan guru saja. Siswa kurang berani mengungkap pertanyaan dan pendapat jika ada pertanyaan dari guru. Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar salah satunya dikarenakan strategi dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, sehingga siswa hanya duduk dan mendengarkan saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik harus selalu memberi kesempatan belajar kepada siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Guru juga mengusahakan siswa untuk memiliki hubungan yang erat dengan guru, dengan teman-temanya dalam belajar. Supaya terciptanya kegembiraan hubungan antara siswa, untuk menciptakan keaktifan siswa dalam belajar, maka digunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis multimedia. Strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar salah satunya adalah strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa.

Baca juga:  Menggiurkan Bisnis Kutu Air dengan Air Lele

         Strategi pembelajaran ini menekankan siswa yang paling berperan penting dalam pembelajaran. Dalam pandangan psikologis modern belajar bukan sekedar menghapal sejumlah fakta atau informasi, akan tetapi peristiwa mental dan proses pengalaman. Strategi pembelajaran inkuiri adalah salah satu diantara berbagai macam strategi pembelajaran yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut Majid (2013) “Strategi pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan”. Sedangkan pada penggunaan strategi pembelajaran Ingkuiri berbasis Multimedia ini merupakan strategi pembelajaran inkuiri yang memanfaatkan beberapa media pembelajaran yang selama ini popular didunia pendidikan, seperti penggunaan media persentasi, alat peraga, simulasi dsb. Di harapkan setelah pembelajaran menggunakan strategi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menjadi pertimbangan bagi guru untuk selalu mengembangkan proses pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Belajar Tematik Dengan Model Webbed

            Pengertian Belajar dan Pembelajaran Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam keseluruhan proses pendidikan disekolah. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada proses belajar yang dialami oleh siswa. Oleh karena itu, setiap guru perlu memahami tentang proses belajar yang baik agar dapat menyajikan suatu lingkungan belajar yang sesuai bagi siswa. siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar. Proses belajar terjadi berkat siswa memperoleh sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. Hal senada juga dikatakan oleh para ahli lain tentang pengertian belajar seperti yang dikatakan oleh Slameto (2010) bahwa “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengamatan sendiri dalam interaksi dengan lingkungan”. Dari uraian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar dapat diartikan sebagai suatu usaha yang mengarah pada perubahan tingkah laku sebagai interaksi dengan lingkungan. disamping belajar terdapat pula pembelajaran, dimana pembelajaran merupakan suatu proses membelajarkan siswa dengan adanya kegiatan belajar-mengajar sebagai suatu hubungan sebab-akibat dari adanya proses tertentu. Dengan adanya pembelajaran diharapkan terjadi perubahan perilaku baik itu dari tidak tahu menjadi tahu, baik itu dari tidak terampil menjadi terampil, ataupun dari tidak mengerti menjadi mengerti.

Oleh : Suci Rahayu S.Pd

Guru SMP Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo

spot_img

TERKINI