Proses pembelajaran saat ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dan unggul dalam segala hal. Penguatan pendidikan karakter di sekolah menjadi salah satu prioritas utama dalam pembelajaran di era globalisasi. Sekolah dapat menyusun program – program yang tepat dalam rangka mewujudkan dan menerapkan penguatan pendidikan karakter tersebut. Market day merupakan salah satu kegiatan yang dapat dikembangkan untuk membentuk karakter sekaligus mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa. Salah satu tujuan market day adalah melatih siswa berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa lain antar kelas, memberikan pengalaman berharga, dan menumbuhkan kemampuan wirausaha bagi siswa tersebut. Kegiatan market day bisa dilaksanakan secara mandiri maupun klasikal atau kelompok sesuai minat siswa dan produk yang akan dijual.
Mashud dalam Kurniawan (2015:304) mengatakan bahwa market day merupakan salah satu contoh aplikasi pendidikan terintegrasi pendidikan kewirausahaan yang melibatkan semua peserta didik dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Kegiatan produksi menjadi tanggungjawab kelas membuat produk, distribusi merupakan kegiatan menjual atau memasarkan produk, dan konsumsi menjadi tanggung jawab siswa dan guru untuk membeli produk. Raymond dalam Wardhana (2013:13) mengatakan bahwa konsep dasar kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang baru (kreasi) dan membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain dan bertujuan untuk mencapai kesejahteraan individu dan nilai tambah masyarakat. Seorang wirausahawan memiliki sifat-sifat yang sangat bermanfaat untuk mencapai kesuksesan diantaranya percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, berani mengambil resiko, serta berjiwa pemimpin. Karakter siswa yang dapat dikembangkan melalui kegiatan market day antara lain karakter jujur, mandiri, kreatif, kerja keras, dan gotong royong.
Market day merupakan salah satu program sekolah di SD Negeri Legetan . Kegiatan tersebut dilaksanakan kelas 4,5,dan 6 dengan jadwal yang telah disepakati. Siswa diberi kesempatan untuk mandiri atau membentuk kelompok, memilih menu, dan menjual produk yang dihasilkan. Siswa antusias dan sangat senang melaksanakan kegiatan tersebut dari pemilihan menu sampai penjualan produk. Pada jadwal yang telah disepakati, siswa menyiapkan menu yang telah dibuat, menata di tempat yang telah disediakan, dan menjualnya. Menu yang dipilih dan disepakati berupa makanan sehat dan merupakan hasil karya sendiri. Siswa dari kelas lain dan guru-guru membeli produk yang telah dibuat tersebut. Siswa semangat mengikuti kegiatan tersebut karena dapat membeli produk makanan yang bermacam-macam jenisnya dengan harga terjangkau.
Manfaat dari kegiatan market day antara lain menumbuhkan rasa kebersamaan, interaksi antar kelas, dan memberikan pengalaman sangat berharga bagi siswa serta membentuk karakter jujur, mandiri, kreatif, kerja keras, pantang menyerah, dan teliti. Selain itu, market day merupakan ajang bagi siswa untuk belajar dalam bidang kewirausahaan. Pendidikan kewirausahaan tercermin dalam kegiatan market day tersebut. Siswa berlatih menentukan menu, mengemas produk, dan memasarkannya. Siswa menerapkan kegiatan produksi dengan membuat produk atau menu makanan, kegiatan distribusi dengan memasarkan produk, dan kegiatan konsumsi dengan membeli produk-produk yang dipasarkan tersebut. Market day memberikan pengalaman siswa secara langsung dalam memproduksi sekaligus memasarkan hasil produksi. Hal ini menjadikan bekal dan pengalaman berharga bagi siswa dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan. Market day merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mempersiapkan generasi di masa yang akan datang agar mampu bersaing dalam era globalisasi.
Oleh
Ika Ritaria Oktriana,S.Pd.,M.Pd
Kepala SDN Legetan
Bener,Purworejo