Guru sangat berperan penting dalam keberhasilaan Siswa. Guru menggunakan umpan balik sebagai senjata agar siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Senjata umpan balik yang saat ini dikenal dengan Tanya Jawab. Tanya jawab yang diberikan terhadap siswa adalah pertanyaan untuk merangsang daya pikir siswa sehingga siswa tidak merasa takut atau minder melainkan termotivasi untuk menyampaikan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar (KBM).
           Nana Sudjana (2010:150), Tanya jawab merupakan metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Siswa yang tidak bisa mengikuti pelajaran akan mengalami kesulitan belajar terhadap materi pelajaran, oleh karena itu guru setiap selesai menyampaikan materi pelajaran selalu mengatakan Apakah ada pertanyaan? Maka siswa yang belum paham dapat menyampaikan ketidakpahamannya terhadap guru. Guru akan menjelaskan lebih jelas atau detail kembali pada siswa yang belum paham.
           Siswa merasa nyaman belajar dikelas karena guru selalu sabar dalam menjawab pertanyaan siswa serta menjelaskan secara detail. Kegiatan belajar dikelas akan berlangsung dengan baik apabila siswa berperan aktif mengikuti pelajaran dari materi yang disampaikan oleh guru. Kesabaran, keramahan dan senyum yang dimiliki guru akan memberikan kelonggaran pada siswa yang lambat berpikir dalam menerima materi pelajaran maka siswa tersebut dengan senang akan menyampaikan kesulitannya melalui pertanyaan untuk disampaikan terhadap guru. Hal inilah yang perlu diberikan umpan balik tanya jawab agar siswa termotivasi belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru dengan bijak tidak membeda-bedakan siswa yang pintar dengan siswa yang kurang pintar dalam pembelajaran dikelas melainkan menyamakan mereka untuk menerima pembelajaran dan memberikan jawaban dari pertanyaan siswa. Dalam komunikasi tanya jawab inilah terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dan siswa.
           Umpan balik tanya jawab memberikan dampak positif bagi siswa karena dari materi yang sulit dipahami siswa dapat terpecahkan dengan tanya jawab siswa pada guru. Pembelajaran akan berlangsung dengan nyaman, aman, dan menyenangkan, hal ini memberikan inspirasi pada siswa agar mengembangkan pengetahuannya melalui bimbingan guru. Orangtua atau wali siswa akan merasa senang dan bangga jika anaknya diperhatikan oleh guru, sebab harapan dari orangtua siswa untuk menyekolahkan anaknya disekolah tersebut agar menerima pendidikan secara merata tanpa adanya perbedaan.
           Siswa akan selalu mengingat pesan atau nasehat dari guru pada saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran, isi pesan tersebut adalah ikutilah pembelajaran dikelas dengan baik apabila ingin tercapai cita-citamu dan disiplinlah dalam sekolah agar masa depanmu secerah matahari. Siswa merasa senang adanya perhatian dari guru dan didikan yang diberikan akan terbentuk suatu pendidikan yang luar biasa dan memiliki akhlak yang mulia.
           Umpan balik tanya jawab selain memberikan hasil yang baik tetapi juga memberikan kondisi didalam kelas yang kondusif, percaya diri, dan berkarya. Siswa dapat menyampaikan argumen atau pendapatnya tanpa adanya unsur paksaan, seperti yang tertulis dalam pancasila sila ke empat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Siswa yang aktif dan guru yang kreaktif menjadikan pembelajaran tidak membosankan melainkan pembelajaraan yang hidup dan menghantarkan siswa menuju sukses dalam belajar dikelas.*
Oleh:
Muji Astuti, S.Pd.SD
SD Negeri 1 Kaliaman
Kembang Jepara