spot_img
26.6 C
Semarang
Kamis, 26 Juni 2025
spot_img

Media Pembelajaran Quiziz Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Pembelajaran merupakan komunikasi terjalin antara pengajar dan siswa, sehingga menentukan nilai siswa dalam mencapai tujuan hasil belajar yang diinginkan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurangnya pemahaman saat mengerjakan soal-soal dan kurangnya pemanfaatkan  media pembelajaran. Saat era globalisasi teknologi pada masanya makin berkembang, guru dapat memberikan pembaruan dalam kegiatan pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar jadi lebih menarik dengan memanfaatkan macam- macam program untuk media pembelajaran yang interaktif. Hal tersebut berkaitan dengan UU nomor 20 thn 2003 pasal 40 ayat 2 mengenai Guru serta tenaga kependidikan lainnya harus membangun pembelajaran yang memiliki makna, menyenangkan, serta innovatif. Berdasarkan pelaksanaan pada SDN 03 Kuta Belik, guru masih kesulitan dalam memilih media pembelajaran yang tepat serta menggunakan vidio pembelajaran yang sudah ada di YouTube, sehingga pembelajaran yang disampaikan melalui vidio kurang lengkap dan siswa kurang memahami materi pembelajaran. Daya tangkap yang rendah membuat hasil belajar siswa dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM). Oleh karena itu, guru harus inovatif menemukan solusi agar hasil belajar siswa meningkat. Seiring berjalannya pengetahuan, terdapat media pembelajaran yang menarik siswa yaitu menggunakan quiziz.

Media pembelajaran quizizz dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena media pembelajaran quizizz dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, menghilangkan rasa bosan pada siswa, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang optimal. Menurut Tafonao dalam (Al Mawaddah et al., 2021) media ialah alat yang bisa digunakan untuk menyampaikan informasi, kemudian peran media pada proses belajar ialah 1) untuk menyampaikan pesan pengirim; 2) membantu siswa saat pemahaman materi yang ingin disampaikan oleh pendidik; 3) untuk perantara Guru dan siswa saat menjalin komunikasi yang baik pada saat KBM dilaksanakan;4) metode dalam mengatasi rasa bosan siswa pada proses pembelajaran. Purba dalam (Sari, 2020) mengatakan bahwa permainan quizizz ialah aplikasi pembelajaran berbasis permainan dengan aktivitas multi permainan serta membuat soal interaktif yang menyenangkan. Selanjutnya, menurut Khusniyah & Hakim dalam (Siti Rahmatul Fitriyah, 2021) Quizizz ialah aplikasi multiplayer yang bisa diakses dengan wabsite atau aplikasi oleh guru maupun siswa. Quizizz dapat memungkinkan siswa untuk bersaing hingga dapat membuat siswa lebih aktif pada saat pembelajaran serta memotivasi dalam mengerjakan kuis sehingga mampu memperoleh hasil kuis yang tinggi (Susanti, 2020). Dengan demikian media quizizz ialah aplikasi yang dapat digunakan guru berbasis permainan kuis serta mudah digunakan sehingga siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kelebihan media Quizizz yaitu  memudahkan siswa dalam mendalami pokok materi pembelajaran, pemilihan media sangat menarik untuk siswa karena memberikan kesempatan siswa bermain sambil belajar dengan menggunakan fasilitas yang tersedia dalam Quizizz, juga memotivasi belajar siswa. Penerapan media Quizizz di SDN 03 Kuta Belik yaitu dengan mengerjakan latihan soal melalui alat komunikasi mereka, memungkinkan siswa dalam bersaing, memberikan motivasi belajar sehingga hasil belajar dapat meningkat. Guru bisa melihat proses dan mengunduh hasil latihan sebagai evaluasi kinerja siswa.

AFIFUDIN,S.Pd.

SD Negeri 03 Kuta Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang

spot_img

TERKINI