Pada prinsipnya pembelajaran yang menyenangkan itu tergantung kepada bapak ibu guru pengelola kelas yang menjadi subyek pembelajaran. Sebuah kelas mau dibuat seperti apa, dikemanakan arah tujuannya, dibagaimanakan kondisinya, Ibaratnya hidup dan matinya suatu kelas ujung tombaknya adalah bapak ibu guru. Bapak ibu guru harus mempunyai kemampuan untuk membangun karakter siswa , kedekatan , keakraban dan komunikasi kepada siswa , hal ini semata mata agar tercapainya tujuan pendidikan yang berorientasasi kepada siswa sehingga tujuan pendidikan nasional akan terwujud tidak hanya sebagai teori ataupun slogan namun jauh lebih mendalam dan mengenai sasaran sesuai tujuan yang diharapakan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari para pelaku dunia pendidikan,semakin peserta didik merasa menikmati pembelajaran di sekolah maka semakin aktif minat anak-anak untuk belajar dan semakin tercapainya hasil belajar siswa yang diharapkan.
Salah satu upaya bapak ibu guru dalam rangka mengaktifkan minat belajar siswa dan mengakrabkan diri dengan anak. Pembelajaran outdoor study (ODS) adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah seperti; taman, perkampungan, kebun dan lain-lain dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung serta menantang semangat petualangan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat , dengan memberikan kesempatan kepada guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan bertujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. Tujuan dan Manfaat Pembelajaran di Luar Kelas
Menurut Vera (2012), tujuan pembelajaran di luar kelas adalah Membuat setiap individu memiliki kesempatan unik untuk mengembangkan kreativitas dan inisiatif personal, memberikan kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk merasakan secara langsung terhadap materi yang disampaikan dan membantu mewujudkan potensi setiap individu agar jiwa, raga dan spiritnya dapat berkembang optimal dan memanfaatkan sumber-sumber yang berasal dari lingkungan dan komunitas sekitar untuk pembelajaran.
Pembelajaran ODS yang pernah dilakukan oleh siswa siswi SDN Tlogosari Wetan 02 di kelas 2 salah satunya adalah mengadakan kunjungan ke Museum Ronggowarsito. Tempat tujuan ODS tersebut dipilih karena merupakan tempat wisata yang bersifat edukatif. Kebetulan selain gratis, yang pasti kita juga ikut mendukung program promosi Kota Semarang lewat Dinas Pariwisata Kota Semarang. Dalam pemenuhan pelaksanaan serta pengimplementasian materi yang ada di tema 5 ( Pengalamanku ), tema 7 ( Kebersamaan ) dan di tema 8 ( Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan ), lewat pembelajaran ODS ini ternyata kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan sangat efektif dan menyenangkan dan tentunya tidak membosankan bagi siswa karena siswa berhadapan langsung bisa merasakan dan menjalankan sendiri peran nyata yang tidak hanya sekedar teori dari materi yang tersaji, sehingga materi yang ada di tema 5,7 dan 8 di kelas 2 bisa terpenuhi langsung secara nyata dan efektif karena dalam hal ini siswa bisa mempunyai pengalaman yang menyenangkan, siswa dapat melakukan aktifitas kebersamaan bersama teman-teman dan bapak ibu gurunya di tempat wisata yang edukatif, serta siswa bisa mempraktekkan langsung menjalankan tata tertib atau peraturan yang ada di perjalanan dan di tempat umum dengan bimbingan bapak ibu guru mereka.
Begitu menyenangkan dan efektifnya pembelajaran ODS ini , tanpa terasa kegiatan belajar mengajar juga bisa mengakrabkan antara siswa dan guru dalam situasi yang dekat dan menyenangkan, sehingga akan terjalin hubungan yang sangat harmonis dan penuh kasih sayang yang nyata tanpa sekat dan tanpa jarak. Jadi untuk bisa lebih mengaktifkan minat belajar dan mengoptimalkan pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa pilihan pembelajaran ODS bisa dicoba untuk diterapakan .
Oleh : Anggraini Puspitasari,S.Pd.
( Guru SDN Tlogosari Wetan 02 )