Asah Kreativitas Berpikir Melalui CIRC

Suratmingsih.S.Pd.

Penyelenggaraan pendidikan di tengah situasi pandemi tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan kapasitas 50%. Berbagai upaya dalam menerapkan strategi pembelajaran telah dilakukan oleh penulis sebagai guru IPS di SMPN 1 Batuwarno kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Selama mengajar secara daring maupun luring, penulis berusaha menggunakan metode dan media yang disesuaikan dengan materi dan kondisi riil peserta didik.

            Akhir-akhir ini ada kecenderungan minat belajar peserta didik mulai menurun mengakibatkan kemampuan berfikir dan hasil belajar pun menurun. Permasalahan yang muncul pada materi kegiatan ekonomi di kelas VIIA SMP Negeri 1 Batuwarno mengalami penurunan nilai hasil belajar hal ini dapat dilihat setelah penulis  memberikan soal ulangan harian tentang  kegiatan ekonomi. Dengan kkm 70 pada kondisi awal nilai rata – rata baru mencapai 68 dan ketuntasan belajar baru 64% sementara proses pembelajarannya masih bersifat konvensional, kurang variatif, guru cenderung ceramah dan memberi tugas kepada peserta didik.

Rendahnya hasil belajar ini perlu ada solusi yang tepat untuk meningkatkannya, agar peserta didik benar – benar paham  tentang materi kegiatan ekonomi. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar, penulis akhirnya mengganti model pembelajaran. Model pembelajaran yang penulis terapkan adalah model pembelajaran CIRC dan memanfaatkan video sbagai upaya memberikan variasi pembelajaran  yang sesuai dengan materi. Pemilihan model pembelajaran tersebut untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Menurut Sutarno dkk (2010: 1) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengakomodasikannya menjadi bagian-bagian yang penting. Menurut Azhar  Arsyad (2011:49) Menyatakan bahwa video merupakan gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis  sehingga pada layar terlihat gambar hidup. Pemanfaatan video dalam pembelajaran ini merupakan video yang telah dibuat sendiri oleh penulis kemudian ditambahkan dari berbagai sumber internet dan dimodifikasi agar lebih menarik dan mudah dipahami.

         Adapun langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut : 1) guru membuka dan menyampaikan tujuan pembelajaran sesuai KI KD serta proses pembelajaran. 2) guru menyampaikan point-point materi diselingi dengan menampilkan cuplikan video yang telah disesuaikan materinya. 3) guru memancing peserta didik untuk menemukan ide-ide  pokok kemudian ditulis di sebuah kertas. 4) guru memberikan bimbingan untuk menemukan ide pokok serta rangkuman. 5)  guru menyuruh peserta didik untuk membacakan hasil tugas secara bergiliran. 6) guru menyuruh peserta didik untuk saling mengoreksi dengan membuka tanya jawab. 7) guru memberikan tugas singkat. 8) pada akhir kegiatan, guru memberikan penguatan, rangkuman, apresiasi, dan motivasi.

Pemilihan dan penerapan model pembelajaran CIRC dan pemanfaatan video pembelajaran di atas telah membawa dampak kemajuan peserta didik dalam belajar. Tayangan video pembelajaran memudahkan mereka dalam memahami materi karena bisa ditampilkan berulang – ulang sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat setelah guru mengadakan ulangan harian. Dari keseluruhan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Batuwarno, nilai rata – rata 68 mejadi 78 dan meningkatkan ketuntasan belajar, dari 64% menjadi 82%. Dari hasil penilaian tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dan pemanfaatan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar materi kegiatan ekonomi.

 

Oleh: Suratmingsih.S.Pd.

Guru IPS SMP N 1 Batuwarno Wonogiri