Astra Motor Jateng Siapkan Trainer #Cari_Aman Siswa Sekolah Binaan

TRAINET #CARI_AMAN- Astra Motor Jateng mulai menyiapkan Trainer #Cari_Aman Siswa Sekolah Binaan. FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Keselamatan berkendara adalah aspek penting yang harus ditanamkan sejak dini, terutama kepada para siswa SMA/SMK yang baru memasuki tahap mengendarai motor. Melalui pelatihan ketrampilan berbicara didepan sebagai seorang trainer atau skill public speaking yang diikuti 70 SMK se-Jawa Tengah.

Bertempat di Ruang Williams Lantai 6 Gedung Astra Motor Jawa Tengah, seluruh peserta dibekali kemampuan berbicara yang baik sebagai seorang trainer. Pasalnya, nantinya siswa – siswi tersebut akan memulai melakukan edukasi ke seluruh teman – teman sekolahnya, bahkan nantinya bisa menunjang program edukasi ke SMP sekitar sekolah, serta diberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya perilaku aman di jalan raya.

Tuntutan mobilitas semakin tinggi menyebabkan murid SMA/SMK memiliki pilihan berkendara untuk menunjang aktifitas yang terkait dengan sekolah dan masa depannya. Oleh karena itu, memahami pentingnya keselamatan berkendara menjadi landasan utama dalam mencegah kecelakaan dan merawat generasi penerus dan menjadi materi siswa/i nantinya dalam mengasah ketrampilan berbicara sebagai seorang trainer.

“Kami ajarkan mereka bagaimana menyampaikan pengetahuan #Cari_Aman dan skenario mencegah kecelakaan, dalam mengedukasi dan meyakinkan teman sebayanya untuk lebih mengutamakan keselamatan selama berkendara di jalan,” ungkap Suko Edi, Instruktur Safety Riding Astra Motor.

Melalui program ini, menyampaikan pesan tentang pentingnya etika berkendara dan menghormati aturan lalu lintas tidak lagi menjadi tanggungjawab kepolisian saja, guru pendidik ataupun instruktur safety riding, tetapi juga melibatkan siswa sebagai pengaruh positif untuk teman sebaya menjadi kunci dalam menciptakan budaya keselamatan di jalan raya dikalangan pelajar.

“Mengundang ahli keselamatan berkendara atau perwakilan kepolisian untuk memberikan pendidikan keselamatan tetap kami jalankan, di perkuat partisipasi siswa sebagai role model dalam memberikan informasi keselamatan ke teman sebaya,” jelas Yusufa pembina safety riding SMKN 1 Bulakamba.

Dalam upaya menjadikan keselamatan berkendara sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari pelajar, public speaking menjadi alat yang efektif. Dengan memberikan pemahaman, mengedukasi, dan memberikan contoh nyata, kita dapat bersama-sama menciptakan generasi yang lebih sadar akan keselamatan di jalan raya dan sebuah keuntungan untuk sekolah binaan karena selalu dipandu untuk mengembangkan dan menerapkan Budaya Keselamatan Astra Motor Jawa Tengah dan Astra Honda Motor.(aln)