Beranda Jateng Banyumas Awal Ramadhan, BMKG Banjarnegara akan Lakukan Pengamatan Hilal POB Pedalen

Awal Ramadhan, BMKG Banjarnegara akan Lakukan Pengamatan Hilal POB Pedalen

12
Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Jawa Tengah Setyoajie Prayoedhie.

JATENGPOS.CO.ID, BANJARNEGARA – Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah akan melakukan kegiatan pengamatan hilal pada Senin (12/4) di Pos Observasi Bulan (POB) Pantai Pedalen, Kecamatan Ayah, Kebumen guna menentukan awal Ramadhan 1442 Hijriah.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, salah satu tupoksi BMKG adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat.

Untuk itu, kata dia, BMKG akan melakukan rukyatul dan menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Senin tanggal 12 April 2021 sebagai penentu awal bulan Ramadhan.

Informasi yang disampaikan, kata dia, akan meliputi waktu konjungsi (Ijtima) dan waktu terbenam matahari.

Selain itu, peta ketinggian hilal, peta umur bulan, peta fraksi iluminasi bulan, objek astronomis lainnya yang berpotensi mengacaukan rukyat hilal dan lain sebagainya.

“Pada saat melakukan pengamatan hilal kami akan menggunakan alat teleskop” katanya.
Dalam kegiatan tersebut, kata dia akan hadir juga sejumlah perwakilan dari instansi terkait seperti dari pemerintah daerah, kantor kementerian agama dan lain sebagainya.

“Akan ada perwakilan dari Kemenag Banjarnegara, Kemenag Kebumen dan lain sebagainya tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat guna mencegah penyebaran COVID-19,” katanya.

Selain itu, kata dia, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga akan menginformasikan prakiraan cuaca pada hari pelaksanaan pengamatan hilal.

“Prakiraan cuaca akan kami sampaikan secara berkala kepada instansi terkait yang ada di wilayah setempat,” katanya. (fid/ant)