Baggott Tersedia di Putaran Ketiga

JATENGPOS.CO.ID,  JAKARTA – Bek Ipswich Town, Elkan Baggott, diisyaratkan dapat dipanggil Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan dimulai pada September 2024.

Elkan Baggott tidak masuk skuad Timnas Indonesia dalam dua partai terakhir Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni 2024.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak menyertakannya diduga buntut mangkirnya Elkan Baggott ketika Timnas U-23 membutuhkannya dalam play-off Olimpiade 2024 pada Mei 2024.

Timnas Indonesia sudah pasti kehilangan Justin Hubner untuk matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bek asal Cerezo Osaka di Liga Jepang itu dalam akumulasi kartu.

Justin Hubner menerima kartu kuning ketika Timnas Indonesia menang 1-0 atas Timnas Vietnam pada 21 Maret 2024 dan mengalahkan Timnas Filipina 2-0 pada 11 Juni 2024.

“Saya rasa hubungan Shin Tae-yong dengan Elkan Baggott oke-oke saja. Ini kan soal pilihan pelatih saja, cocoknya di mana,” imbuh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

“Jadi pokoknya, Elkan Baggott tersedia. Habis itu tinggal keputusan pelatih yang menentukan apakah dibutuhkan atau tidak,” ungkap Arya Sinulingga.

Sebelumnya pada 5 Juni 2024, Ketua PSSI, Erick Thohir, telah meminta semua pemain, tidak terkecuali Elkan Baggott, untuk bangga ketika dipanggil Timnas Indonesia.

“Saya rasa sekarang semua pemain mau bermain dengan Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026,” tandas Arya Sinulingga.

Pada akhir Mei 2024, Shin Tae-yong seolah sudah lelah menjawab situasi Elkan Baggott. “Masalah Elkan Baggott, mungkin langsung ditanyakan saja kepada Baggott, mungkin Baggott yang lebih tahu,” ucapnya. (bol/riz)