Beranda Jateng Bambang Patjul Nahkodai PA GMNI Jateng

Bambang Patjul Nahkodai PA GMNI Jateng

26
AKLAMASI - Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah (PDI-P Jateng), Bambang Wuryanto terpilih menjadi Ketua Persaudaraan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Jateng periode 2021-2026 secara aklamasi. Foto: akh/jateng pos

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG  – “Mungkin ini pengabdian saya yang terakhir karena ibarat matahari saya ini sudah sore hari.”

Kata singkat itulah yang diungkapkan Bambang Patjul usai terpilih sebagai Ketua PA GMNI Jateng.

Politikus PDI Perjuangan Bambang Wuryanto atau yang biasa disapa Bambang Pacul itu terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Jawa Tengah periode 2021-2026. Melalui Konferensi Daerah IV organisasi itu pada 22-23 Maret 2021 di Semarang.

“Saya memang mengajukan diri sebagai calon ketua dan kebetulan kawan-kawan alumni GMNI mengamini secara aklamasi, jadi saya bukan dilamar, tetapi saya mencalonkan,” ucapnya.

Saat ditanya mengapa baru sekarang maju pencalonan Ketua PA GMNI Jateng tahun ini, Bambang mengibaratkan dirinya sebagai matahari di saat sore hari. Baginya mungkin ini pengabdian yang terakhir karena ibarat matahari dirinya ini sudah sore hari.

Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI ini juga mengibaratkan dirinya sebagai Durma dalam tembang macapat. Seperti diketahui, masing-masing tembang macapat sesuai pola metrum punya makna falsafah kehidupan manusia. Mulai dari ruh, dilahirkan, hingga meninggal dunia.

Durma yang dimaksud memiliki makna darma. Pola metrum ini menggambarkan seseorang sedianya harus melakukan sedekah dan berbagi kepada sesama.

“Ibarat tembang macapat, saya Durma, yang akan masuk ke Pangkur. Usia saya juga sudah di atas 60 tahun sehingga saya meminta kawan-kawan agar bisa sedikit memberikan kontribusi sebagai mantan GMNI yang selama ini saya memang jarang terlibat aktif,” ujarnya.

Selanjutnya, Patjul akan menyusun program kerja untuk lima tahun ke depan. Untuk program kerja, ia juga akan bekerja sama dengan kepengurusan PA GMNI di kabupaten dan kota karena mereka yang lebih mengetahui daerah masing-masing.

Dengan mengusung tema tersebut, ia berharap semangat menjadi ghirah untuk menghadapi permasalahan di masa mendatang. Seseorang harus memiliki kompetensi untuk menjawab kompetisi.

“Ini yang harus dikau sadari, sadar penuh, tanpa punya kompetensi, maka kita akan kalah dalam kompetisi. Ini yang tentu menjadi fokus para kader PA GMNI,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bambang Patjul juga merupakan Ketua DPP Bidang Pemenengan Pemilu (Bappilu) dan juga menjabat Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI.

Dalam konferda yang mengusung tema ‘Nasionalisme Menjawab Tantangan Perubahan dalam Semangat Zaman’ ini juga dihadiri Ketua Umum PA GMNI, Ahmad Basarah, yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI. Ia menyatakan GMNI merupakan organisasi independen sehingga ketika purna atau menjadi alumni, tidak ada penekanan masuk ke dalam salah satu partai politik.

“Alumni GMNI dibebaskan berkarya mengisi setiap elemen masyarakat dari legislatif, eksekutif, birokrasi, militer, profesional dan medan juang lainnya untuk memperjuangkan kaum marhaen,” ucapnya.

Acara Konferda IV PA GMNI Jateng ini berlangsung dengan protokol kesehatan. Seluruh peserta dilakukan rapid test antigen sebelum mengikuti kegiatan.(akh/jan)