Banjir Semarang, 10 Rute KA Dialihkan Lewat Selatan

- BANJIR- Kondisi Stasiun Tawang Semarang pada Minggu (1/1/2023), masih tergenang banjir. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengubah beberapa pola operasi perjalanan kereta api imbas masih tergenangnya beberapa titik jalur rel KA di wilayah Kota Semarang akibat banjir yang belum surut.

“Dengan kondisi saat ini dimana pada petak jalan Semarang Tawang – Alastua pada pukul 10.00 masih tergenang air dengan ketinggian kira-kira 25 cm di atas kop rel sehingga tidak bisa dilewati dengan normal, maka berdampak pada pola operasi beberapa perjalanan KA di lintas utara Jawa,” ungkap Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko.

Sejumlah perjalanan kereta api mengalami perubahan pola operasi dengan diputar perjalanannya melalui jalur lintas selatan Jawa. Total ada sebanyak 10 KA yang rencananya akan diputar perjalanannya, yang semula beroperasi di lintas utara Jawa, pada hari ini akan dioperasikan melalui lintas selatan Jawa.

Adapun daftar KA yang mengalami perubahan pola operasi sbb:

1. KA 281 Matarmaja dengan relasi Malang – Semarang Tawang – Pasar Senen diputar perjalanannya menjadi Malang – Solo Balapan – Cirebon – Pasar Senen

2. KA 282 Matarmaja dengan relasi Pasar Senen – Semarang Tawang – Malang diputar perjalanannya menjadi Pasar Senen – Cirebon – Solo Balapan – Malang

3. KA 7033A Brantas Tambahan dengan relasi Blitar – Semarang Tawang – Pasar Senen diputar perjalannya menjadi Blitar – Brumbung – Solo Balapan – Cirebon – Pasar Senen

4. KA 7034A Brantas Tambahan dengan relasi Pasar Senen – Semarang Tawang – Blitar diputar perjalannya menjadi Pasar Senen – Tegal – Solo Balapan – Blitar

5. KA 109A Brantas denngan relasi Blitar – Semarang Tawang – Pasar Senen diputar perjalannya menjadi Blitar – Brumbung – Solo Balapan – Cirebon – Pasar Senen

6. KA 110A Brantas dengan relasi Pasar Senen – Semarang Tawang – Blitar diputar perjalannya menjadi Pasar Senen – Tegal – Solo Balapan – Blitar

7. KA 251 Majapahit dengan relasi Malang – Semarang Tawang – Pasar Senen diputar perjalannya menjadi Malang – Solo Balapan – Cirebon – Pasar Senen

8. KA 252A Majapahit dengan relasi Pasar Senen – Semarang Tawang – Malang diputar perjalannya menjadi Pasar Senen – Cirebon Prujakan – Solo Balapan – Malang

9. KA 73A Brawijaya dengan relasi Malang – Semarang Tawang – Gambir diputar perjalanannya menjadi Malang – Solo Balapan – Purwokerto – Cirebon – Gambir

10. KA 74A Brawijaya dengan relasi Gambir – Semarang Tawang – Malang diputar perjalannya menjadi Gambir – Cirebon – Purwokerto – Solo Balapan – Malang

Selain itu, KAI juga membatalkan 4 perjalanan KA pada hari ini, diantaranya KA 282F Blora Jaya relasi Semarang Poncol – Cepu, KA 271F Blora Jaya relasi Cepu – Semarang Poncol, KA 186 Kamandaka relasi Purwokerto – Semarang Poncol dan KA 191 Kamandaka relasi Semarang Poncol – Purwokerto.

“Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api, serta pembatalan dan keterlambatan beberapa perjalanan KA lainnya, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api,” jelas Ixfan.

Untuk Stasiun Semarang Tawang saat ini, kondisi genangan air menuju stasiun sudah surut. Sehingga para pelanggan bisa menuju stasiun dengan aman, tanpa khawatir adanya banjir.

Bagi para pelanggan yang terimbas perjalanan kereta api yg akan dinaikinya, KAI memberikan kompensasi atas penundaan keberangkatan atau keterlambatan KA akibat banjir yang saat ini sedang terjadi di wilayah Kota Semarang.

“Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan, bagi pelanggan yang terdampak,” ujar Ixfan.

Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Saya atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal,” tutup Ixfan.(aln)