Beranda Ekonomi Bank BJB Eratkan Sinergi Kuatkan Ketahanan Pangan

Bank BJB Eratkan Sinergi Kuatkan Ketahanan Pangan

Juga Tingkatkan Kesejahteraan Petani

15

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Komitmen Bank BJB dalam mendorong ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani terus diperkuat.

Bertempat di Kantor dan Area Pergudangan CV Mutiara Bumi, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (2/3/2021), Bank BJB mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialisasi Potensi Bisnis Kemitraan 2021 dengan CV Mutiara Bumi selaku perusahaan yang menaungi para petani di sejumlah daerah. Langkah ini sebangun dengan upaya pemberdayaan petani binaan CV Mutiara Bumi yang dilakukan Bank BJB.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan penguatan sinergi ini merupakan salah satu wujud komitmen Bank BJB dalam mendorong peningkatan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan Indonesia. Langkah ini juga sebangun dengan komitmen Bank BJB  dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor ketahanan pangan yang terbukti tangguh di tengah tantangan pandemi.

“Sektor pangan dan pertanian telah terbukti tangguh mampu bertahan di tengah hantaman badai krisis pandemi COVID-19. Karena itu, penguatan terhadap ketahanan pangan perlu diupayakan secara bersama-sama. Bank BJB bersama CV Mutiara Bumi akan terus mengupayakan dukungan terbaik khususnya terhadap para petani demi meningkatkan kapasitas dan produktivitas sekaligus memperluas pintu peluang dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha sektor pertanian melalui dukungan permodalan dan pemberdayaan,” kata Widi.

CV Mutiara Bumi merupakan mitra Bank BJB yang telah bekerja sama sejak Maret 2020. Sepanjang masa kerja sama dengan CV Mutiara Bumi, Bank BJB telah menyalurkan sejumlah fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui pola kemitraan kepada para petani binaan CV Mutiara Bumi. Adapun mitra petani yang telah mendapat bantuan KUR Bank BJB tersebar di wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Langkah kerja sama ini terbilang strategis dalam mendorong upaya penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. Pada masa tanam tahun 2021, petani binaan CV Mutiara Bumi direncanakan akan melakukan penanaman di lahan seluas 18.000 hektar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dan wilayah lainnya di luar pulau Jawa.

Selain penyaluran KUR kepada petani, kemitraan Bank BJB dengan CV Mutiara Bumi juga dilakukan dalam pemanfaatan produk dan layanan lainnya yang sudah dinikmati yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Fasilitas DPLK ini dapat menjadi solusi bagi para petani untuk mempersiapkan kemandirian finansial di hari tua untuk para petani. Selain itu, Bank BJB juga membuka kesempatan kerja sama pemberdayaan petani sebagai agen BJB BiSA Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Nantinya, ketua kelompok tani dapat berperan sebagai agen Laku Pandai yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan keuangan perbankan, mendukung program pemerintah dalam keuangan inklusif dan meningkatkan akses keuangan yang mudah dijangkau, ringan, serta bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan FGD dan Sosialisasi Potensi Bisnis Kemitraan 2021 dihadiri oleh sejumlah pejabat Bank BJB, di antaranya Deputi Regional V, Pemimpin Cabang Purwakarta, Pemimpin Cabang Cirebon, Pemimpin Cabang Majalengka, Pemimpin Cabang Surakarta, Pemimpin Cabang Cianjur, Pemimpin Cabang Padalarang, Pemimpin Cabang Ciamis, Perwakilan dari Unit DPLK dan Manager Bisnis UMKM beberapa cabang. Sedangkan dari CV Mutiara Bumi dihadiri langsung oleh Direktur Utama Hesti Yuliastanti dan Komanditer CV Mutiara Bumi Hari Mulyadi beserta Tim Agronomis yang mengelola para petani.

Sebagai salah satu mitra setia, Direktur Utama CV Mutiara Bumi Hesti Yuliastanti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank BJB yang selalu siap sedia dan hadir membantu peningkatan kesejahteraan petani melalui kemudahan permodalan. Bank BJB juga berharap agar jalinan sinergi antara perseroan dengan CV Mutiara Bumi dapat terus diperkuat dalam mendorong peningkatan kesejahteraan petani serta ketahanan pangan nasional, sekaligus mengembangkan usaha Bank BJB dan CV Mutiara Bumi.

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan pula inovasi-inovasi yang telah dilakukan Bank BJB melalui pengembangan digitalisasi perbankan yang bertujuan untuk lebih memperluas cakupan dan mempercepat layanan. Salah satu inovasi tersebut adalah pengembangan BJB LAKU sebagai layanan pembiayaan kepada para pelaku UMKM untuk pengembangan usaha.

Selain itu, dalam mendukung kemudahan transaksi, Bank BJB telah memiliki BJB DIGI sebagai aplikasi mobile banking yang mempunyai beragam fitur transaksi keuangan dan layanan lainnya. Kemudahaan transaksi lainnya bisa diperoleh melalui QRIS dan BJB DigiCash sebagai uang elektronik keluaran Bank BJB, yang nantinya dapat dikerjasamakan dengan CV Mutiara Bumi sebagai product holding Bank BJB. (*rls/jan)