Beranda Ekonomi BCA Ajak Masyarakat Bangun Budaya Bangsa

BCA Ajak Masyarakat Bangun Budaya Bangsa

16
- WEBINAR- BCA menggelar kegiatan webinar untuk memberikan edukasi bagi pengurus desa wisata mengenai pentingnya kebudayaan, dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Prof. Dr. Surya Rosa P, M.S dan Pengamat Pariwisata, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf (2020-2021) Dr. Ir. Hari Sungkari, M,H Kamis (6/5/2021). FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

*Melalui Desa Wisata

JAKARTA– Indonesia merupakan negara dengan keberagaman budaya yang perlu mendapatkan apresiasi dan menjadi salah satu indikator kemajuan bangsa. Sebagai upaya pengembangan budaya bangsa, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia melalui kegiatan Desa Wisata Awards 2021. Rangkaian kegiatan ini pun disemarakkan melalui berbagai webinar menarik.

Kali ini, BCA mengadakan webinar bertajuk “Budaya Membangun Bangsa Melalui Desa Wisata” yang dihadiri oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO Prof. Dr. Surya Rosa P, M.S dan Pengamat Pariwisata, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf (2020-2021) Dr. Ir. Hari Sungkari, M,H pada Kamis (6/5/2021). Selain itu, webinar ini juga turut dihadiri oleh 12 pengurus desa wisata binaan Bakti BCA beserta pengurus desa wisata dari daerah lainnya di Indonesia.

“BCA berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi desa wisata yang ada di Indonesia, sejalan dengan ragam budaya yang tersebar di Indonesia kami yakin dengan bertambahnya desa wisata ini akan semakin memperkaya desa binaan BCA. Hal ini sesuai dengan tidak semua berorientasi profit melainkan juga pada faktor-faktor lain seperti people, environment, governance dan planet. Dalam pengembangan desa ini kami juga berharap ada local champion dari desa tersebut,” ujar Inge.

Menurut Prof. Dr. Surya Rosa P, M.S., desa sebagai pusat warisan budaya, saya yakin ini dapat berpengaruh pada situs-situs seperti Geopark dan Biosfir yang dimiliki Indonesia. Berbagai ekspresi budaya yang ada di desa seperti tarian, pahatan dan ada seni, ini akan sangat bermanfaat bagi pembangunan Indonesia ke depan.

“Saya mewakili UNESCO mendukung kegiatan Desa Wisata Awards yang diadakan BCA sebagai cagar pengembangan budaya di Indonesia,” ujarnya.

BCA melalui program Desa Binaan Bakti BCA saat ini tengah mengembangkan 12 desa wisata dengan berbagai program pendampingan. Pendampingan ini dilakukan melalui program Bakti Komunitas dan pilar Solusi Bisnis Unggul ini mendukung keberlangsungan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. Pada pengembangan ini, tak tertinggal BCA juga mengedepankan aspek kebudayaan yang menjadi aspek terpenting yang tetap dapat dipromosikan di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini.

“Menurut Undang-undang, tujuan utama pariwisata adalah untuk peningkatan ekonomi. Salah satu yang dapat dikembangkan dari pariwisata ini adalah mengembangkan budaya. Pengembangan ini akan mengangkat citra bangsa. Beragam budaya yang kita miliki di Indonesia merupakan bentuk persatuan, sehingga sudah menjadi tugas kita untuk menyuarakan the biggest advantage of Indonesia is our diversity,” ujar Dr. Ir. Hari Sungkari, M,H.

Sebagai tambahan informasi, saat ini BCA sedang menggelar Desa Wisata Awards 2021 yang berlangsung hingga Juni 2021 mendatang. Adapun BCA telah menyiapkan total hadiah mencapai 600 juta beserta pendampingan bagi pemenang kompetisi ini. Seluruh desa wisata di Indonesia dapat berperan aktif mengikuti kompetisi ini.(aln)