Belajar Seni Budaya Lebih Mengasikan dengan Tik Tok

9
NUR HIDAYAT, S.Pd., M.Pd.

Pandemi Covid-19 telah mengubah praktik dan kebiasaan belajar, bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Pembelajaran yang biasanya dilakukan di satuan pendidikan kemudian berpindah menjadi belajar dari rumah. Guru dan siswa terlibat dalam pembelajaran jarak jauh yang menghadirkan sejumlah tantangan mulai dari ketersediaan peralatan digital, jaringan internet dan kondisi psikologi siswa, guru dan orang tua. Dikuatkan dengan adanya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh.

 SMA Negeri 3 Cilacap merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Hampir semuanya mengalami pengalaman belajar berbeda yang membutuhkan waktu adaptasi dan perubahan pola pembelajaran yang begitu drastis dan berisiko menyebabkan penurunan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini guru harus memilih media pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran Seni Budaya agar tetap berjalan meskipun siswa berada di rumah.  Miarso (2004) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

 Inovasi pembelajaran jarak jauh merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media pembelajaran yang ada disekitar kita, untuk pembelajaran Seni Budaya memilih media sosial Tik Tok yang merupakan jaringan media sosial dalam platform video yang dikenalkan oleh Zhang Yiming pada tahun  2016 dan dimiliki oleh Byte Dance. Guru berusaha memanfaatkan media sosial ini sebagai media pembelajaran, selain bisa menghibur aplikasi ini dapat menarik minat, kreativitas dan motivasi siswa untuk pembelajaran Seni Budaya kelas XI kompetensi dasar 3.1 dan bisa digunakan sebagai praktik dalam mempresentasikan materi  tentang  menganalisis konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi.

Dalam pembelajaran Seni Budaya ini guru memerintahkan siswa membuat langkah awal untuk mengakses aplikasi Tik Tok supaya bisa cara membuat video,  selanjutnya membuat Script yang berfungsi sebagai pemandu ke mana arah ringkasan materi yang dibacakan di depan kamera, berikutnya merekam dengan menggunakan smartphone dan disesuaikan durasi video yang  berdurasi 15 detik hingga 1 menit. langkah selanjutnya memastikan video tersebut didukung oleh ilustrasi yang tepat, langkah terakhir yang harus dilakukan ialah  mengunggahnya ke aplikasi Tik Tok. Bila proses mengunggah sudah berhasil maka siswa bisa membagikan Uniform Resource Locator video pembelajaran kepada teman satu kelasnya.

Dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan selama pembelajaran Seni Budaya menggunakan media sosial Tik Tok memiliki beberapa kemanfaatan, antara lain: sebagai media pembelajaran yang tidak membosankan, meningkatkan percaya diri siswa, membuat siswa lebih aktif. Hal ini secara tidak langsung akan melatih para siswa untuk menghadapi dunia nyata yang nantinya akan mereka hadapi setelah menyelesaikan pendidikan. Berbeda dengan aplikasi yang lain video ini hanya satu menit yang ditawarkan. Tik Tok menjadi media pembelajaran yang mengasikan karena teks berupa poin-poin yang mudah dipahami, dengan begitu akan lebih menarik siswa untuk belajar dan memahami materi. Dengan melihat manfaat yang diberikan media sosial Tik Tok dalam pembelajaran Seni Budaya, harapan kedepannya media pembelajaran ini lebih berkembang dan lebih banyak dimanfaatkan untuk hal-hal yang lebih positif lagi.

 

Oleh

NUR HIDAYAT, S.Pd., M.Pd.

Guru Seni Budaya

SMA Negeri 3 Cilacap