Belajar Tanpa Batas dengan Akun belajar.id

Hajar Ristianni, S.Pd. SD Negeri Randugarut, Semarang

JATENGPOS.CO.ID,  – Tahun ajaran baru sudah di mulai, namun covid masih belum berakhir. Pembelajaran tatap muka yang digadang-gadang akan dilaksanakan secara terbataspun dibatalkan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil kebijakan dalam rangka layanan akses pembelajaran di masa pandemi Covid-19, yakni dengan meluncurkan akun pembelajaran belajar.id.

Domain belajar.id diluncurkan oleh Kemendikbud melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) dan dapat di akses oleh peserta didik, guru, tenaga kependidikan dan operator sekolah. Akun pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Untuk mendapatkan akun pembelajaran belajar.id, operator sekolah membuka laman pd.data.kemdikbud.go.id, kemudian login, setelah itu mengklik tombol “Unduh Akun”, pilih “Peserta Didik” atau “PTK” untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) Akun pembelajaran untuk pengguna di satuan pendidikan/sekolah, lalu membuka file csv yang sudah diunduh kemudian berikan ke peserta didik, guru dan tenaga kependidikan yang bersangkutan secara pribadi (Na’im : 2020). Selanjutnya untuk peserta didik dan PTK setelah mendapat akun dari operator sekolah membuka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password), kemudian diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun pembelajaran jangan lupa untuk segera mengganti akses masuk akun (password) Akun pembelajaran. Setelah itu peserta didik dan PTK sudah memiliki akun pembelajaran belajar.id

Keunggulan dari belajar.id yaitu peserta didik dan PTK dapat mengakses aplikasi pembelajaran melalui akunnya, contoh aplikasi yang dapat diakses secara mudah yakni rumah belajar, Google Classroom, Google Hangout, Google meet, Google Form, Google Sheet, Google Drive, Zoom, Pintaria, Google Doc, Zenius, ruang guru, quizizz, perpuskita, sekolah.mu, dan masih banyak lagi.

Peserta didik dan PTK tidak perlu khawatir berkaitan dengan keamanan Akun Pembelajaran, karena diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam rangka memberikan perlindungan terhadap: (1) kerahasiaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas Akun Pembelajaran; (2) kemungkinan terjadinya kelalaian dalam penggunaan dan/atau penyalahgunaan data, informasi, dan/atau dokumen aktivitas akun pembelajaran. Akun pembelajaran ini sangat membantu dan mudah digunakan bagi peserta didik dan PTK karena di aplikasi yang disediakan untuk belajar.id memberi kemudahan akses layanan, misalnya kalau menggunakan akun pribadi ada beberapa aplikasi yang membutuhkan kapasitas memori yang besar tetapi lewat akun ini kapasitas memori tak terbatas/unlimited.

            Dengan berbagai macam keunggulan dari Akun pembelajaran belajar.id maka di sekolah kami SDN Randugarut Kota Semarang semua guru memilih menggunakan pembelajaran jarak jauh dengan akun belajar.id. Aplikasi yang sering digunakan dari akun belajar.id yaitu Google Meet, Google Classroom, dan Google Form. Dengan akun belajar.id pembelajaran selama satu bulan sudah berjalan dengan lancar.

 

Hajar Ristianni, S.Pd.

SD Negeri Randugarut, Semarang