Berbagi #Cari_Aman untuk Rekan Media Cetak dan Online

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG  – Sepeda motor masih menjadi favorit masyarakat Indonesia sebagai sarana transportasi yang paling fleksibel. Menggunakan Sepeda motor mampu menghemat waktu, dan pemakaian bahan bakar serta menjangkau diberbagai kondisi. Bagi rekan media memilih kendaraan operasional sepeda motor untuk bermobilisasi menyelesaikan pekerjaan. Astra motor Jateng selaku distributor resmi sepeda motor Honda jawa tengah berbagi mengenai bagaimana keselamatan berkendara diupayakan agar mengurangi dampak resiko berlebih.

Tujuan kegiatan ini selain meningkatkan keselamatan berkendara dalam tugas rekan media, Astra Motor Jawa Tengah berharap ilmu tentang keselamatan ini bisa menjadi mendukung dalam hal penulisan hal – hal yang berkaitan dengan dunia roda dua untuk masyarakat luas. sehingga kebaikan melalui ilmu keselamatan berkendara ini bisa berdampak positif, bersama – sama memberikan edukasi dan dorongan kepada masyarakat agar terhindar dari kecelakaan atau terlibat  kecelakaan dijalan raya dan mengutamakan keselamatan.

Rabu 18 Januari 2023 dilaksanakan Training Dasar Berkendara dengan salah satu media ternama di kota Surakarta, training berlangsung lancar dan antusias, diawali peserta menyelesaikan pre-test dan diakhir acara mengerjakan post-test dari materi dalam ruangan yang sudah diberikan, tidak hanya materi teori yang diberikan, peserta diajak terlibat dalam materi praktek berkendara. Praktek berkendara yang diberikan meliputi praktek menikung, mengerem dan keseimbangan. Keseruan semakin meningkat saat peserta diberikan tantangan paling lama menjaga kesimbangan  lama diatas papan narrow plank yang memiliki lebar 30 cm sepanjang 10 meter yang harus dilalui peserta tanpa melakukan kegagalan. Training dasar berkendara untuk media ini menjadi agenda yang akan dilaksanakan Astra Motor kepada media – media cetak dan online lainnya diwilayah Jawa Tengah.

Rekan media menemukan hal – hal baru bahwa dalam menjaga kesimbangan itu adalah hal yang sangat dasar agar lincah dan cara menguasainya ada tips dan trik tertentu. Saat menjaga keseimbangan agar kaki tidak turun ke aspal, tidak selalu bergantung dengan gas yang selama ini mereka lakukan, postur tubuh yang tepat, memahami bagian tubuh yaitu lutut, pinggul, lengan dan posisi jemari tangan yang tepat, dalam hal menjaga kesimbangan juga diperlukan dan tentunya penggunaan rem yang sesuai menjadi kombinasi bisa menciptakan kesimbangan tubuh dan kendaraan sebagai satu kesatuan.

“Kendaraan itu adalah alat yang seharusnya membantu kita dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan fungsi kendaraan, sudah seharusnya kita memiliki kemampuan dan kompetensi mengendalikan motor, bukan kita yang dikendalikan oleh motor yang bisa berujung potensi bahaya“, Ujar Alfian Dian Pradana selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah memberikan kesimpulan dalam acara tersebut.(*)