Berburu Tiket Final

JATENGPOS.CO.ID, BILBAO – Giliran Athletic Bilbao menjamu Atletico Madrid di laga leg 2 semifinal Copa del Rey 2024 di Estadio San Memes, Jumat (01/03/2024) dinihari pukul 03:30 WIB, disiarkan langsung RCTI dan live streaming Soccer Channel via Vision+. Leg kedua ini menjadi kesempatan bagus tuan rumah untuk melangkah ke final.

Athletic Bilbao dalam posisi lebih diunggulkan jelang leg 2 semifinal Copa del Rey 2023/2024. Los Rojiblancos berhasil memenangi leg pertama di Metropolitano, kandang Atletico, dengan skor 0-1. Gol kemenangan di partai tersebut diciptakan melalui eksekusi penalti Alex Berenguer.

Bagi Atletico Madrid, tugas mereka untuk lolos final Copa del Rey 2024 tentu tidak akan mudah. ATM wajib menang dengan margin 2 gol. Jika tidak, Los Colchoneros mesti menyamakan agregat terlebih dahulu untuk memaksakan laga berlanjut ke ekstra time atau adu penalti.

Athletic Bilbao hanya perlu menghindari kekalahan untuk bisa melangkah ke partai final. Terakhir kali Los Rojiblancos melangkah ke final Copa del Rey terjadi pada musim 2020/2021. Hanya, ketika itu klub Basque dikalahkan Barcelona 4-0.

Terakhir kali Bilbao juara Copa del Rey adalah pada musim 1983/84 saat mengalahkan Barcelona 1-0. Setelah itu, Los Rojiblancos sebenarnya bisa lolos ke 6 laga final, namun selalu menjadi runner-up. Oleh karenanya, Bilbao sangat bertekad untuk kembali ke laga final tahun ini.

Hanya saja secara persiapan jelang leg 2 semifinal Piala Raja 2023/2024, Bilbao sedang tidak bagus. Kekalahan 3-1 di kandang Real Betis dalam lanjutan LaLiga akhir pekan kemarin menjadi penyebabnya.

Valverde selaku pelatih Bilbao mengakui bahwa skuadnya harus melakukan persiapan lawan Athletic lebih intens lagi akibat kekalahan tersebut.

“Pertandingan kami selanjutnya sangat menarik karena menawarkan kesempatan bermain di laga final. Seharusnya, persiapan terbaik melawan Atletico adalah dengan meraih kemenangan di sini (di kandang Real Betis). Tapi, kami kalah dan sekarang harus memperbaiki banyak hal dari segala aspek,” kata Valverde dikutip laman resmi Bilbao.

Atletico Madrid, di sisi lain, sedang dalam kondisi yang tidak lebih baik. Faktanya, tim asuhan Diego Simeone hanya meraih 2 kemenangan dari 9 laga tandang terakhir. Selain kemenangan di markas Lugo di Copa del Rey, satu hasil apik lain didapat di kandang Granada dalam lanjutan LaLiga.

Saat ini, Atletico dalam tren 2 imbang dan 2 kekalahan di 4 laga tandang terakhir. Bahkan, pekan lalu, ATM gagal menang di markas Almería yang merupakan tim juru kunci di klasemen LaLiga.

Simeone layak melakukan banyak perbaikan di timnya. Satu yang pasti adalah lini belakang yang sangat keropos. Dari 9 laga tandang terakhir, gawang Atletico kebobolan 13 gol.

“Kami harus memperbaiki sektor pertahanan. Untuk memulainya, pemain lini belakang harus bisa memenangi duel. Saya tahu mereka bisa memenuhi tuntutan saya itu karena sebelumnya bisa melakukannya,” kata Simeone usai laga melawan Almería.

Bilbao atau Atletico sudah ditunggu Mallorca di partai final Copa del Rey. Mallorca sendiri lolos ke partai puncak setelah menang adu penalti di markas Real Sociedad, Rabu 28 Februari dini hari WIB.

Kemenangan di Madrid pada leg pertama membuat Bilbao bisa memperbaiki rekor pertemuan dengan Atletico di Copa del Rey. Total dari delapan laga sebelumnya, Bilbao meraih tiga kemenangan. Sedangkan sisa lima laga lain menjadi milik Atletico.

Jan Oblak masih akan menjadi kunci dalam mengatur pertahanan Atletico yang digalang Stefan Savić dan kawan-kawan. Di sektor lain, Álvaro Morata juga akan ditagih ketajamannya usai membuang peluang emas pada menit akhir saat melawan Almería.

Bilbao, di sisi lain, bisa menurunkan skuad terbaiknya. Iñaki Williams, Gorka Guruzeta, dan Oihan Sancet bisa memberikan teror bagi pertahanan Atletico. Pemain lain seperti Unai Simón, Aitor Paredes, dan Beñat Prados juga diprediksi akan menjadi starter. Prediksi skor Athletic Bilbao 2 – 1 Atletico Madrid. (ito/riz)

Prediksi Pemain

Athletic Bilbao (4-2-3-1) : Unai Simón; Óscar de Marcos, Aitor Paredes, Yeray Álvarez, Yuri Berchiche; Iñigo Ruiz de Galarreta, Beñat Prados; Oihan Sancet, Unai Gómez, Iñaki Williams; Gorka Guruzeta. Pelatih : Ernesto Valverde.

Atlético Madrid (3-5-2) : Jan Oblak; Stefan Savić, Axel Witsel, Mario Hermoso; Nahuel Molina, Samuel Lino, Rodrigo De Paul, Marcos Llorente, Koke; Memphis Depay, Álvaro Morata. Pelatih : Diego Simeone.