Berniat Beli MU

Pengusaha terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

JATENGPOS.CO.ID,  LONDON – Pengusaha terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, mengonfirmasi bakal mengajukan penawaran untuk membeli saham Manchester United. Memiliki dana hingga ratusan triliun rupiah, Ratcliffe tak kesulitan untuk menjadi pemilik MU.

Saham Tim Setan Merah sudah dimiliki keluarga Glazer sejak 2005 lalu. Keluarga tajir asal Amerika Serikat tersebut membeli saham Manchester United secara bertahap.

Hingga akhirnya mereka bisa menguasai 90 persen saham MU setelah menghabiskan dana yang menembus angka 970 juta poundsterling. Setelah menguasai Manchester United selama hampir 18 tahun, keluarga Glazer memutuskan untuk menjual saham mereka.

Perwakilan keluarga Glazer, Avram Glazer dan Joel Glazer, menyebut penjualan saham The Red Devils sebagai opsi terbaik untuk membuat klub menjadi lebih baik. Langkah ini disebut sebagai strategi jitu untuk lebih mengembangkan Manchester United.

“Manchester United akan memaksimalkan peluang untuk pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk klub saat ini dan di masa depan,” bunyi pernyataan Avram Glazer dan Joel Glazer.

“Sepanjang proses ini, kami akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik dari para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan kami,” lanjut pernyataan itu.

Menurut Laporan Daily Star, keluarga Glazer dikabarkan siap melepas saham mayoritasnya di Manchester United senilai 5 miliar poundsterling (Rp 92.8 triliun). Namun, angka tersebut adalah penawaran terkecil yang bisa diajukan.

Selain itu, nilai itu lebih kecil dibandingkan dengan harga yang sebelumnya dipatok keluarga Glazer. Mereka awalnya baru akan menjual Manchester United di angka 8,4 miliar poundsterling (Rp 156 miliar).

Demi menemukan pembeli, keluarga Glazer sampai harus terbang ke Timur Tengah. Keluarga kaya tersebut menawarkan saham Manchester United kepada para sultan di Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Namun, masih belum ada penawaran resmi yang masuk untuk membeli saham Tim Setan Merah.

Rencana keluarga Glazer ingin menjual saham Manchester United sampai ke telinga Sir Jim Ratcliffe. Pengusaha tajir asal Inggris tersebut kepincut ingin membela Tim Setan Merah.

“Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses pembelian saham MU,” ujar juru bicara Jim Ratcliffe seperti dilansir The Times.

Sir Jim Ratcliffe diyakini tidak ragu mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membeli saham Manchester United. Apalagi, dia merupakan penggemar berat The Red Devils.

Lantas, berapa jumlah harta kekayaan Sir Jim Ratcliffe, sehingga berani mengajukan penawaran untuk membeli saham MU?

Menurut laporan Forbes, Ratcliffe memiliki kekayaan bersih hingga 12,7 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 235,19 triliun. Sebagian besar pemasukannya berasal dari INEOS, perusahaan kimia yang didirikannya sejak 1998.

Dengan jumlah kekayaan tersebut, pria bernama lengkap James Arthur Ratcliffe tersebut bercokol di posisi teratas orang terkaya di Inggris Raya versi Forbes. Adapun di daftar orang terkaya di dunia, dia menempati peringkat 111.

Sebelum berminat membelai saham MU, Sir Jim Ratcliffe telah mengakuisisi tim Ligue 1, OGC Nice dan tim asal Swiss, FC Lausanne-Sport di bawah naungan INEOS. Dia juga sempat menawar saham mayoritas Chelsea di angka 4,25 miliar poundsterling. Namun, penawaran tersebut ditolak oleh direksi Tim London Biru. (bol/riz)