BI dan PT SNJ Gencarkan Sosialisasikan Kartu e-Tol

Sosialisasi kartu tol asyik oleh PT SNJ, Bank Indonesia dan sejumlah bank penyedia e tol di cfd solo. FOTO : ADE UJIANINGSIH/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SOLO — Kpw Bank Indonesia Solo bersama dengan PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan Bank Penerbit Unik (Uang Elektronik) melaksanakan kampanye elektronifikasi pembayaran jalan tol di area car free day, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (18/11).

“Kampanye bertujuan sebagai salah satu bentuk edukasi, guna memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga lebih siap dalam melakukan pembayaran di jalan tol dengan Unik,” ungkap Bandoe Widiarto, Kepala Kpw BI Solo, disela sosialisasi kartu tol unik di CFD Solo.

Kegiatan kampanye ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah kampanye pertama yang diadakan pada Tanggal 1 Oktober 2017 di Pintu Tol Ngasem dan Klodran. Kampanye dilakukan di depan Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi. Dalam kampanye tersebut, terdapat sosialisasi mengenai Unik dan juga simulasi penggunaan Unik di Jalan Tol. Pada sosialisasi juga terdapat pengenalan masing-masing produk Unik oleh perbankan, yaitu E-Money dan E-Toll dari Bank Mandiri, Brizzi dari BRI, Blink dari BTN, E-Bima dari Bank Jateng, Flazz dari BCA, dan Tap Cash dari BNI.

“Penggunaan Unik dapat menghemat waktu dari yang semula 10 detik untuk tunai, menjadi 2 detik. Selain itu, penggunaan Unik dapat mengurangi risiko uang palsu bagi BUJT dan juga risiko keamanan bagi masyarakat pengguna,” imbuh Bandoe.

Ditambahkan Direktur Keuangan PT SNJ Yudi Mahyudin, Tol Soker dijadwalkan rampung total pada Desember mendatang. Setelah selesai, tol tersebut akan diuji kelayakan oleh sejumlah instansi di antaranya Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

“Mudah-mudahan Januari 2018 nanti Bapak Presiden Joko Widodo berkenan meresmikan,” kata Yudi Mahyudin. (dea/saf)