BNPB Resmikan Taman Arif Fuad Hidayah

8
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meresmikan taman Arif Fuad Hidayah yang dibangun di tanggul Sungai Kongklangan, Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Kamis(14/10). Foto : Cahya Indrawan/Jateng Pos

JATENGPOS.CO.ID, KLATEN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meresmikan taman Arif Fuad Hidayah yang dibangun di tanggul Sungai Kongklangan, Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Kamis(14/10) sore.

Peresmian taman Arif Fuad Hidayah ini bertepatan dengan Hari Pengurangan Risiko Bencana Internasional yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

“Di Klaten ada sesuatu yang istimewa, bersamaan dengan peringatan hari pengurangan risiko bencana, kita juga meresmikan taman Arif Fuad Hidayah,” ujar Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan.

Arif Fuad Hidayah merupakan aktivis Sekolah Sungai asal Desa Sengon, Kecamatan Prambanan, Klaten. Ia meninggal dunia di usia 40 tahun karena sakit pada 20 Juni 2021.

Menurut Lilik, almarhum Arif Fuad Hidayah patut diberi penghargaan yang tinggi, karena selama hidupnya sudah banyak berbuat untuk lingkungan.

Sejak tahun 2016, lanjut Lilik, BNPB membuat suatu program Gerakan Pengurangan Risiko Bencana. Gerakan ini mengajak semua orang untuk melakukan usaha atau upaya pengurangan risiko bencana di wilayah masing-masing.

“Di Klaten, Arif Fuad Hidayah memotori itu semua. Bahkan, gerakan itu berdampak ke seluruh daerah di Indonesia. Mereka di masing-masing daerah memperbaiki lingkungannya. Budaya sadar bencana ini menjadi bagian penting,” tambahnya.

Kepala Desa Sawit, Mariadi, mengatakan, pembuatan ruang terbuka hijau berupa taman di tanggul Sungai Kongklangan sudah menjadi program kerja Pemerintah Desa Sawit. Taman tersebut diberi nama Arif Fuad Hidayah.

“Adanya taman ini memang sudah sesuai dengan apa yang menjadi program saya. Awal saya menjabat kepala desa ingin merubah alur Sungai Kongklangan yang dulunya untuk membuang sampah dijadikan ruang terbuka hijau,” pungkasnya.(aya)