Beranda Jateng Solo BPJamsostek Solo Mulai Bukukan Rekening Calon Penerima Bansos Rp600.000/Bulan

BPJamsostek Solo Mulai Bukukan Rekening Calon Penerima Bansos Rp600.000/Bulan

28

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Surakarta mulai membukukan rekening calon penerima bantuan sosial dari pemerintah sebesar Rp600.000/bulan.

“Kalau dari data kami, untuk Cabang Surakarta pekerja aktif yang upahnya terlapor di bawah Rp5 juta ada sebanyak 219.763,” kata Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus selaku Pejabat Pengganti Sementara Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Surakarta Farah Diana di Solo, Rabu.

Ia mengatakan dari total tersebut sejauh ini sudah terkumpul sekitar 55 persen rekening.

Sementara itu, Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Suwilwan Rachmat mengatakan untuk percepatan pengumpulan rekening pekerja BPJamsostek telah berkoordinasi dengan mitra kerja terkait di Jateng dan DIY.

“Untuk mendukung program subsidi upah ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan Kabupaten/Kota, Apindo, serikat pekerja/serikat buruh, Forum HRD, dan pihak-pihak yang terkait langsung dalam pengumpulan rekening pekerja,” katanya.

Selain menyediakan aplikasi yang dapat diakses langsung oleh HRD perusahaan, untuk mempercepat pengisian nomor rekening karyawan, pihaknya juga menerima data mentah untuk selanjutnya diproses ke dalam aplikasi dari BPJamsostek.

“Dari data yang masuk, dalam dua hari ini sudah terkumpul rekening pekerja di wilayah Jateng dan DIY sebanyak 783.027 nomor rekening dari potensi pekerja yang memenuhi ketentuan sebanyak 1.638.926 pekerja atau sudah 50 persen dari potensi,” katanya.

Ia optimistis hingga akhir minggu ini dapat terkumpul seluruh rekening dari data yang ada.

“Oleh karena itu, kami mengimbau pemberi kerja atau perusahaan untuk segera menyampaikan nomor rekening karyawannya melalui jaringan Kantor Cabang yang tersebar di Jawa Tengah dan DIY,” katanya. (fid/ant)