BPJS Ketenagakerjaan Klaten Bagikan 100 Paket Sembako

Peringatan Hari Buruh Nasional

- HARI BURUH- Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Heru Siswanto, berfoto bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klaten, Luciana Rina Damayati, dan para pengurus Serikat Pekerja di Klaten, dalam rangkaian Peringatan Hari Buruh Indonesia (HBI), Rabu (8/5/2024). FOTO : DOK.HUMAS/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  KLATEN – Dalam rangka memperingati Hari Buruh Nasional (HBI), Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten memberikan 100 paket sembako kepada sejumlah perwakilan Serikat Pekerja (SP) dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Klaten, Rabu (8/5/2024).

Dalam kegiatan ini, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten juga mengundang sebanyak 10 perwakilan Serikat Pekerja di Klaten, yaitu PT Tirta Investama, PT San Pasific Abadi, PT Macanan Jaya Cemerlang, PT Buana Samudra Lestari, PT Kusuma Nanda Putra, PT Intan Pariwara, PT RKS Klaten, RSU Islam Cawas, KJUB Alis Tiara Jaya, dan PT ALS Jaya Ciptama. Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten, Luciana Rina Damayati, dan Kepala Bidang (Kabid) Tenaga Kerja, Setyanto Nugroho.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Heru Siswanto mengatakan, peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini mengusung tema ‘Kerja bersama wujudkan pekerja’ atau buruh yang kompeten, ‘May Day is Terampil Day’.

“Kita berharap, dengan berbagai upaya yang kita lakukan, kedepan, para pekerja atau buruh di Indonesia menjadi semakin kompeten. Mereka semakin terampil di bidangnya,” katanya.

Heru Siswanto menuturkan, Pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan sangat serius untuk menyejahterakan seluruh tenaga kerja dengan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, dengan program jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun (JP), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).

Untuk diketahui, jumlah tenaga kerja yang telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten saat ini ada 148.678 orang atau 30 persen dari jumlah penduduk bekerja di Klaten.

“Sampai dengan periode ini (Januari – Mei 2024), jumlah kasus untuk JKK sebanyak 873 kasus, JKM 225 kasus, JHT 4.415 kasus, JP 1.81 kasus, dan JKP 119 kasus. Dengan nominal klaim yang sudah kami bayarkan sejumlah Rp67.212.013.260,” tukasnya.

Heru Siswanto menyatakan, dalam rangka kegiatan May Day 2024 ini, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten mengundang 10 perwakilan Serikat Pekerja di Klaten. BPJS Ketenagakerjaan Klaten juga membagikan paket sembako sebanyak 100 paket sebagai simbol kesejahteraan pekerja Indonesia.

“Maka kami meminta kepada Serikat Pekerja untuk dapat membantu kami untuk menyuarakan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja,” ujarnya.

Heru menambahkan, sampai saat ini masih banyak pekerja rentan yang bekerja keras dan belum mampu untuk memberikan perlindungan risiko kerja untuk dirinya sendiri. Dan di satu sisi, Pemerintah juga senantiasa memberikan bantuan kepada pekerja rentan. Namun anggaran tersebut tentu saja terbatas.

“Untuk itu, melalui teman-teman Serikat Pekerja kami mohon bantuannya untuk dapat mensukseskan program mulia untuk tenaga kerja rentan di sekitar kita. Program ini kami namakan Program Sertakan atau Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten, Luciana Rina Damayati dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diadakan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten ini.

“Saya mengapresiasi acara ini. Dan saya merasa berbahagia karena bisa bertemu dengan teman-teman para pengurus Serikat Pekerja di Klaten. Ini menjadi ajang silaturahmi yang baik. Karena disini kita bisa menanyakan banyak hal terkait perlindungan sosial ketenagakerjaan,” ucapnya.(aln)