JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kementria Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah menerapkan layanan pertanahan secara daring (online) disetiap Kantor BPN seluruh Indonesia. Namun demikian, implementasi layanan tersebut masih ada kendala, salah satunya di bagian pejabat pembuat akta tanah (PPAT). Oleh karena itu BPN Kota Semarang berinovasi dengan meluncurkan aplikasi layanan khusus untuk PPAT dengan nama Loket Elektronik Nyaman Terpercaya atau Lentera.
“Layanan elektronik atau online sekarang sangat dibutuhkan apalagi di BPN Kota Semarang menjadi salah satu kantor pertanahan dengan jumlah pemohon terbanyak di Indonesia oleh karena itu kami berinovasi membuat layanan online khusus PPAT dengan nama Aplikasi Lentera. Dengan aplikasi ini PPAT tidak perlu lagi datang ke kantor BPN bahkan produk dari layanannya dapat diambil di Rumah Layanan terdekat sesuai dengan alamat PPAT, ” jelas Kepala BPN Kota Semarang Sigit Rahmawan Adhi.
Sejak dilaunching pada 17 Agustus 2020 lalu sudah tidak ada lagi antrian PPAT di BPN Kota Semarang, menurut Sigit sapaannya bahwa aplikasi ini sangat membantu apalagi dalam kondisi pandemi covid-19 tentunya mengurangi kerumunan. Saat ini sendiri BPN Kota Semarang sedang mengajukan Aplikasi Lentera ke Kementria Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dengan harapan dapat digunakan diseluruh Kantor BPN di Indonesia minimal Kanwil Jawa Tengah.
“Memang tidak semua layanan bisa dilakukan secara elektronik karena untuk saat ini hanya khusus PPAT namun kedepan kami sedang mengupayakan Layanan Lentera dapat diakses oleh Instansi serta masyarakat individu yang tidak menggunakan jasa PPAT. Akan tetapi dengan aplikasi ini, jumlah antrian yang selama ini sangat banyak alhamdulillah dapat berkurang,” imbuhnya.
Apalagi dengan hadirnya Rumah Layanan yang ada dibeberapa kecamatan membuat BPN Kota Semarang semakin dekat dengan masyarakat sehingga tidak perlu lagi datang ke Kantor BPN Kota Semarang bagi masyarakat yang didaerahnya sudah ada Rumah Layanan.
“Untuk pelayanan yang ada di Rumah Layanan itu sama dengan yang ada dikantor BPN Kota Semarang, sementara belum semua kecamatan namun tahun depan kami berusaha supaya Rumah Layanan hadir dj semua kecamatan di Kota Semarang,” pungkasnya.(akh)