Brentford Siapkan Kejutan

JATENGPOS.CO.ID, LONDON – Liga Inggris 2022/2023 pekan ke-19 akan dibuka dengan pertandingan saat Brenford menjamu Liverpool di Gtech Community Stadium, Selasa (03/01/2023) dini hari mulai pukul 00.30 WIB, disiarkan langsung SCTV dan live streaming Vidio.com. Bisakah The Reds membuat lima kemenangan liga berturut-turut?
Brentford berhasil menahan imbang Tottenham Hotspur serta mengalahkan West Ham United dalam 2 laga terakhir Liga Inggris 2022/2023. Kali ini The Bees juga bakal berupaya mempertahankan laju positif tersebut ketika bersua Liverpool.

Sementara ini Brentford menempati peringkat 10 klasemen EPL, dengan koleksi 23 poin dari 17 laga. The Bees tertinggal 5 poin dari Liverpool yang menduduki peringkat 6, serta baru memainkan 16 pertandingan.

Liverpool yang sempat tampil kurang meyakinkan pada awal musim, kini berhasil memetik 2 kemenangan beruntun atas Aston Villa dan Leicester City sejak bergulirnya kembali kompetisi usai jeda. Kendati begitu, performa lini depan The Reds dianggap masih belum meyakinkan.

Brentford yang berhasil mengalahkan West Ham United dalam derby London 2-0 pada laga terakhir, kini berupaya melakukan hal yang sama terhadap Liverpool. Tapi tentu saja hal itu bukan perkara mudah, terlebih The Bees berpotensi tidak diperkuat sang penyerang andalan Ivan Toney.

Dalam konferensi pers usai laga kontra West Ham United, Thomas Frank selaku pelatih Brentford mengatakan belum tahu persis kondisi Toney. Dia berharap ujung tombak andalannya itu tidak mengalami masalah serius, agar bisa bermain melawan Liverpool.

“Tentu saja menyenangkan bisa meraih kemenangan melawan West Ham United. Tapi, ada sedikit masalah pada Ivan Toney di akhir laga, semoga itu bukan cedera yang serius. Kami belum tahu apakah dia bisa bermain (melawan Liverpool),” kata Thomas Frank, dikutip dari situs web resmi klub.


Di sisi lain, Liverpool berhasil menang dengan skor tipis 2-1 atas Leicester City di laga Boxing Day. Sempat tertinggal lebih dulu, The Reds sukses membalikkan keadaan, usai pemain belakang The Foxes Wout Faes mencetak 2 gol bunuh diri.

Kendati memetik kemenangan, pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku tidak puas dengan permainan timnya. Apalagi mereka kebobolan melalui serangan cepat yang menurutnya bisa diantisipasi andai pemain tampil disiplin.

“Kami memang berhasil menang, tetapi secara permainan kami tidak puas. Itu (melawan Leicester City) bukan penampilan terbaik kami, sehingga harus diperbaiki di laga selanjutnya,” tutur Jurgen Klopp, dikutip dari laman resmi Liverpool.

Dari rekor head to head (H2H) Liverpool lebih unggul dengan memetik 1 kemenangan dan 1 hasil imbang melawan Brentford. Kedua tim tercatat baru bertemu sebanyak 2 kali, yakni pada Liga Inggris musim 2021/2022.

Brentford asuhan Thomas Frank, diprediksi tampil dengan formasi 3-5-2. Apabila Ivan Toney tidak bisa bermain, posisi 2 penyerang diperkirakan diisi oleh Yoane Wissa dan Bryan Mbeumo.

Di sisi lain, Liverpool yang belum diperkuat Luis Diaz dan Diogo Jota karena cedera, diperkirakan mengandalkan trio Mohamed Salah, Darwin Nunez, dan Alex Oxlade-Chamberlain di lini depan. The Reds berpeluang menggunakan formasi 4-3-3.

Liverpool memiliki rekor impresif melawan Brentford dan telah memenangkan 10 dari 17 pertandingan yang dimainkan antara kedua tim, berlawanan dengan tiga kemenangan Brentford.

Brentford tidak pernah menang dalam sembilan pertandingan terakhir mereka di kandang melawan Liverpool di semua kompetisi, dengan kemenangan mereka sebelumnya datang dengan skor 2-1 pada tahun 1938.

Liverpool telah mencetak setidaknya tiga gol di masing-masing dari lima pertandingan terakhir mereka melawan Brentford di semua kompetisi sejak tahun 1983.

Liverpool telah mencetak gol di masing-masing dari 26 pertandingan tandang Liga Premier terakhir mereka di London, mencetak 56 gol yang mengesankan di pertandingan ini.
Brentford telah memenangkan pertandingan pertama tahun kalender di masing-masing dari tiga tahun terakhir dan hanya berjarak satu kemenangan untuk menyamai empat kemenangan seperti itu antara tahun 1929 dan 1932.

Liverpool memiliki skuad bertabur bintang yang mereka miliki tetapi telah gagap selama musim ini. Orang-orang seperti Darwin Nunez dan Mohamed Salah telah menyanjung untuk menipu sejauh ini dan akan berusaha untuk memulai tahun baru dengan catatan tinggi.

Brentford sangat mampu melakukan kejutan pada hari mereka dan sedang dalam performa yang mengesankan saat ini. Liverpool adalah tim yang lebih baik di atas kertas, bagaimanapun, dan seharusnya bisa memenangkan pertandingan ini. Prediksi skor Brentford 1 – 3 Liverpool. (ito/riz)

Prediksi Pemain
Brentford (3-5-2) : David Raya; Zanka, Ethan Pinnock, Ben Mee; Mads Roerslev Rasmussen, Mathias Jensen, Christian Nørgaard, Vitaly Janelt, Rico Henry; Yoane Wissa, Bryan Mbeumo. Pelatih : Thomas Frank.
Liverpool (4-3-3) : Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konaté, Virgil van Dijk, Konstantinos Tsimikas; Naby Keïta, Jordan Henderson, Thiago Alcântara; Mohamed Salah, Darwin Núñez, Alex Oxlade-Chamberlain. Pelatih : Jurgen Klopp.