Brighton & Hove Albion vs Manchester City

City On Fire

12

JATENGPOS.CO.ID, BRIGHTON – Pekan kesembilan Liga Primer Inggris, Manchester City siap melanjutkan perjuangan mereka untuk mempertahankan gelar Primier League ketika melakoni laga tandang melawan Brighton & Hove Albion di Stadion Amex, Sabtu (23/10/2021) malam pukul 23:30 WIB, disiarkan langsung SCTV.

Tuan rumah Brighton ditahan imbang tanpa gol oleh tim dasar klasemen Norwich City di laga terakhirnya, sementara sang juara bertahan Manchester City menang 2-0 atas Burnley di Etihad Stadium.

Sepak terjang Brighton ini terbilang impresif. Sejauh ini, Brighton sudah menang empat kali dan baru kalah sekali. Mereka pun untuk sementara turut bersaing di papan atas dengan torehan 15 poin.

Manchester City berada dua poin di atas Brighton, dan saat ini masih bersaing ketat dengan Chelsea serta Liverpool. Melawat ke markas Brighton, pasukan Josep Guardiola jelas membidik poin penuh.

Pekan lalu, Manchester City menang 2-0 menjamu Burnley lewat gol-gol Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne. Tengah pekan kemarin, Manchester City menghajar tuan rumah Club Brugge di Liga Champions dengan skor 5-1 berkat gol-gol Joao Cancelo, Riyad Mahrez (2), Kyle Walker, dan Cole Palmer.

Dalam laga tandangnya melawan Brighton di Premier League musim lalu, Manchester City takluk 2-3. Mereka sempat unggul 2-0 lewat gol-gol Ilkay Gundogan dan Phil Foden, tapi Brighton mampu membalikkan skor lewat gol-gol Leandro Trossard, Adam Webster, serta Dan Burn. Itu tak lepas dari faktor kartu merah Joao Cancelo ketika skor masih 1-0.

Itu menjadi kekalahan perdana Manchester City sepanjang sejarah pertemuannya dengan Brighton di Premier League. Manchester City tentu tak ingin kembali tersungkur di tempat ini.

Pasukan Pep sedang dalam performa yang luar biasa, sedemikian rupa sehingga bahkan tanpa striker mereka mencetak gol sesuka hati. Mereka telah mencetak dua gol atau lebih dalam tujuh dari sebelas pertandingan sebelumnya, dan satu-satunya kekalahan mereka dalam lebih dari dua bulan datang melawan PSG.

Di sisi lain, Brighton ditahan imbang tanpa gol pada pertandingan terakhir minggu ini oleh Norwich yang berada di posisi terakhir. Itu juga merupakan hasil imbang ketiga berturut-turut mereka di EPL, dan mereka tampaknya melambat setelah membuat awal kompetisi yang baik. Mereka juga memiliki rekor head to head yang lebih rendah melawan rival ini selama bertahun-tahun, dan telah kebobolan banyak dalam prosesnya.

Bek Brighton Adam Webster memiliki “peluang luar” untuk main dalam pertandingan ini, tetapi Danny Welbeck dan Steven Alzate tetap absen untuk The Seagulls. Yves Bissouma seharusnya mendorong untuk memanggil kembali ke samping setelah mengatasi masalah kecil untuk membuat bangku cadangan melawan Norwich, sementara Tariq Lamptey menggantikan Joel Veltman setelah 59 menit terakhir kali dan akan berharap untuk memaksa jalan kembali ke starter di sini.

Terlepas dari kurangnya kekejaman melawan Norwich, Potter tidak mungkin mempertimbangkan untuk mengubah koneksi Neal Maupay-Leandro Trossard di sepertiga akhir lapangan.

Sementara itu, striker Ferran Torres tetap menjadi satu-satunya pemain City yang absen karena cedera saat ia pulih dari patah kaki, tetapi Guardiola memiliki banyak pilihan untuk rotasi di South Coast.

John Stones tetap sedikit diragukan setelah melewatkan kemenangan Brugge karena alasan pribadi, dan Guardiola dapat memilih untuk menyimpan sebagian besar perubahannya untuk pertempuran Piala EFL tengah minggu mereka dengan West Ham United.

Phil Foden dapat berharap untuk memulai lagi di garis depan serangan jika itu masalahnya, tetapi Gabriel Jesus dan Ilkay Gundogan akan berharap untuk memaksa jalan mereka kembali ke XI bagaimanapun caranya. Prediksi skor Brighton 1 – 2 Manchester City. (bola/riz)