Bukan Laga Mudah

Inggris vs Senegal Senin (05/12/2022) pukul 02:00 WIB Live SCTV, Indosiar, Vidio.com, Nex Parabola

Marcus Rashford

JATENGPOS.CO.ID,  QATAR – Pertandingan babak 16 Piala Dunia 2022 antara Inggris versus Senegal berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Senin (05/12/2022) dinihari pukul 02:00 WIB, disiarkan langsung SCTV, Inggris, streaming Vidio.com, Nex Parabola.

Pada laga sebelumnya, Inggris berhasil meraih kemenangan menyakinkan dengan skor 3-0 atas Wales. Dalam laga tersebut Inggris mampu menciptakan keunggulan di babak kedua tepatnya di menit ke 50 melalui tendangan bebas Marcus Rashford.

Satu berselang, Inggris mampu menggandakan keunggulan melalui aksi Phil Foden. Di menit ke 68, Marcus Rashford mencetak gol keduanya. Skor 3-0 pun bertahan hingga usai. Hasil ini memastikan diri Inggris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah menjadi juara Grup B dengan tujuh poin.

Sementara di pertandingan sebelumnya, Senegal berhasil meraih kemenangan atas Ekuador dengan skor 2-1. Dalam laga tersebut, Senegal sempat unggul terlebih dahulu di babak pertama di torehkan Ismaila Sarr melalui tendangan penalti di menit ke 44.

Senegal sempat disamakan kedudukan di menit ke 67 ditorehkan Moises Caicedo. Berselang tiga menit kemudian. Kalidou Koulibaly menjadi pahlawan kemenangan Senegal. Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai dan Senegal berhak lolos ke babak 16 besar setelah menjadi runner up Grup A dengan enam poin.

Laga Inggris kontra Senegal diprediksi akan berjalan sangat alot. Meski Inggris diunggulkan dalam segi kualitas pemain. Akan tetapi Senegal akan memberikan kejutan luar biasa. Senegal mampu bangkit dalam keadaan tertekan. Ini akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua tim tersebut. Mampukah Inggris mencatat torehan gemilang atau sebaliknya.

Inggris harus siap-siap tersingkir dari Piala Dunia 2022 jika sedikit saja menganggap remeh Senegal, lawan mereka di 16 besar. Hal itu ditegaskan itu eks striker Senegal, El Hadji Diouf.

Inggris lolos ke 16 besar dengan predikat sebagai juara Grup B. Di penyisihan grup, tim asuhan Gareth Southgate meraih dua kemenangan dan sekali hasil imbang.

Ismaila Sarr

Sementara itu, Senegal mengulangi kesuksesan El Hadji Diouf cs pada edisi 2002 silam dengan lolos ke fase knock out sebagai runner-up Grup A.

Diouf kini bekerja sebagai penasihat untuk tim Senegal yang dibesut mantan rekan setimnya, Aliou Cisse. Diouf pun memberi peringatan kepada Inggris untuk tak meremehkan negaranya.

“Itu mengingatkan saya ketika kami bermain melawan Prancis. Mereka pikir mereka telah memenangkan pertandingan sebelum mereka memainkannya,” ujar Diouf seperti dikutip The Sun.

“Jika Inggris melakukan hal yang sama pada hari Minggu besok, itu bagus untuk kami,” imbuh sosok yang pernah bermain untuk Liverpool tersebut.
“Saya tahu kami bukan favorit tapi kami akan melakukan segalanya untuk mengalahkan mereka dan para pemain bisa melakukannya,” tukas Diouf.

Lebih lanjut, Diouf juga merasa sangat percaya diri bahwa Senegal bakal mampu menyingkirkan Inggris jika pertandingan berlanjut hingga ke babak adu penalti.

“Jika pertandingan berlanjut hingga adu penalti, kami akan memenangkannya. Mudah. Saya mengenal betul kiper yang kami punya (Edouard Mendy dari Chelsea) dan saya tahu kami bisa menghentikan beberapa penalti mereka,” ungkapnya.

Pasukan Tiga Singa wajib waspada meski diunggulkan lantaran timnas Senegal juga tak bisa dianggap remeh. Di fase grup, jawara Piala Afrika 2021 ini hanya kalah sekali saat berhadapan dengan timnas Belanda.

Dua sisanya, timnas Senegal mampu memenangi pertandingan, termasuk duel sengit dengan timnas Ekuador.

Laga melawan Senegal bisa menjadi kejutan tersendiri mengingat sudah ada hal-hal tak terduga selama Piala Dunia 2022.

Jika tak hati-hati, timnas Inggris bisa saja pulang lebih cepat dari Qatar dan harus mengikhlaskan trofi Piala Dunia.

Menurut Andros Townsend, timnas Inggris bakal menjalani laga yang cukup sulit apabila tetap memainkan pemain yang sama di laga terakhir.

Dalam laga melawan Wales, pelatih Gareth Southgate melakukan perombakan susunan pemain setelah pada dua laga awal menurunkan skuad sama.

Pemain Everton ini berharap Southgate bisa memainkan skuad seperti di dua laga awal ketimbang laga terakhir.

“Sejujurnya, saya tidak iri pada Gareth Southgate pada hari Minggu. Dia harus meninggalkan beberapa pemain yang sangat bagus untuk pertandingan menang atau pulang hari Minggu melawan Senegal. Dan itu terlalu dekat untuk disebut,” ujar Townsend seperti dikutip Sportskeeda.

“Dengan berat hati, saya akan tetap bersama Marcus Rashford dan Bukayo Saka. Sebelum Anda datang untuk saya, saya setuju – Phil Foden adalah pemain yang luar biasa,” ucap Townsend.

“Dia masuk, meraih gawangnya dan setiap inci seperti yang Anda harapkan darinya. Namun, Saka tampil sensasional melawan Iran, dia akan lebih segar setelah absen dari kemenangan Wales dan Foden dapat memanfaatkan kaki yang lelah di akhir pertandingan,” lanjut dia.

“Raheem Sterling juga tidak melakukan kesalahan, tetapi saya akan mencampurnya untuk yang satu ini. Kami mampu dan kami memiliki salah satu regu terbaik di turnamen,” ungkap Townsend.

“Saya meliput kemenangan Senegal atas Ekuador dan izinkan saya memberi tahu Anda. Inggris akan menghadapi pertandingan yang sangat sulit pada hari Minggu,” tandasnya.

“Bahkan membiarkan fakta bahwa juara Afrika itu memiliki Idrissa Gueye diskors dan Sadio Mane, tentu saja, bukan bagian dari skuad di Qatar. Mereka telah menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi masalah,” tutur Towsend mengakhiri.

Senegal berada di posisi kedua dalam Grup A dan selalu bermain dengan impresif. Senegal berhasil menumbangkan Ekuador dengan skor 2-1.

Inggris belum pernah berhadapan dengan Senegal di pertandingan resmi Internasional sehingga harus sama-sama menyesuaikan diri. Dan, Senegal telah memenangkan tiga dari enam pertandingan mereka pada Piala Dunia FIFA 2022 dan telah tumbang pada pertandingan pamungkasnya menghadapi Belanda 2-0.

Inggris kuat tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan melawan tim dari negara Afrika pada Piala Dunia. Terakhir melawan tim Kamerun. Inggris berharap bisa mencapai perempat final Piaĺa Dunia FiFA edisi berturut-turut pertama kalinya dari tahun 2006.

Inggris merupakan tim yang lebih baik untuk saat ini, nampaknya akan keluar sebagai pemenang dalam pertandingan kali ini. Prediksi skor Inggris 1 – 0 Senegal. (bol/riz)

Prediksi Pemain
Inggris (4-2-3-1) : Jordan Pickford; Kieran Trippier, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Declan Rice, Jude Bellingham; Marcus Rashford, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane. Pelatih : Gareth Southgate.

Senegal (4-3-3) : Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Ismail Jakobs; Nampalys Mendy, Pepe Abdou Ciss, Pape Gueye; Ndiaye, Boulaye Dia, Ismaila Sarr. Pelatih : Aliou Cisse.