Beranda Jateng Pantura Timur Bupati Haryanto Sigap Mereaksi Keluhan Warga

Bupati Haryanto Sigap Mereaksi Keluhan Warga

317
Bupati Pati Haryanto bersama warga saat mengecek kondisi rusaknya jembatan di Desa Tambahmulyo, Kecamatan Jakenan. FOTO: HUMAS SETDA PATI/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, PATI – Warga Desa Tambahmulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati mengeluhkan ambrolnya jembatan desa setempat. Kondisi jembatan terdapat lubang menganga berdiamter hingga satu setengah meter.

Tentunya hal itu sangat membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas. Jika tidak berhati-hati, pengendara bisa terperosok ke lubang tersebut.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, warga setempat memasang tanda dengan meletakkan pohon pisang ke dalam lubang. Dengan demikian, warga yang melintas bisa menghindari lubang tersebut.

Merespon keluhan warga tersebut, Bupati Pati Haryanto langsung turun mengecek di lokasi jembatan tersebut.

Setiba di lokasi, bupati yang didampingi kepala desa setempat, memberikan instruksi dengan melakukan langkah cepat menangani persoalan tersebut.

“Ini kan membahayakan warga. Untuk tindakan sementara, arus lalu lintas bisa dialihkan ke jalan yang lebih aman,” pinta Bupati Haryanto.

Bupati Haryanto juga memerintahkan dinas terkait segera menindaklanjuti hal tersebut. Salah satunya, melihat status jembatan yang merupakan akses masyarakat Desa Tambahmulyo.

“Kalau status jembatan itu menjadi kewenangan pemkab ya segera ditindaklanjuti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Namun jika jembatan jadi wewenang desa, nanti kades harus segera menganggarkan perbaikan jembatan,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambahmulyo Arif Kumaidi mengaku berterima kasih atas respon cepat yang ditunjukkan Bupati Haryanto.

“Sejauh ini, kami masih melakukan pengecekan terkait kewenangan jembatan itu. Jika masuk wewenang desa, kami siap melakukan perbaikan,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pati Ahmad Faishal mengaku telah mengecek jembatan yang rusak tersebut.

Dari hasil pengecekan yang dilakukan Faisal, wewenang jembatan merupakan milik desa. “Meski begitu, kami siap membantu. Kami juga akan berkomunikasi dengan pihak desa agar segera melakukan perbaikan,” terangnya.

Usai mengecek jembatan Desa Tambahmulyo, Bupati Haryanto menyempatkan mengecek pembangunan Jalan Desa Sembaturagung hingga Desa Triguno, Kecamatan Puncakwangi.

Haryanto tak lupa mendengarkan aspirasi para petani, sekaligus mengecek persoalan pupuk serta melihat kondisi masa tanam pertama di kecamatan setempat.(mel/rif/mg9)