Bupati Minta Libatkan UMKM

JATENGPOS.CO.ID,  BATANG – Bupati Batang H Wihaji menyampaikan komitmennya untuk mempermudah  UMKM lokal memasukan produknya ke toko-toko ritel modern  di Kabupaten Batang. Bupati juga mengingatkan pengelola minimarket agar memberi ruang bagi UMKM. Apalagi saat ini semakin pertumbuhan retail modern makin menjamur, pasca terbitnya perubahan Perda yang mengakomodir pendirian toko modern.

“Retail retail modern yang ada di Batang harus melibatkan teman teman UMKM,” tegas Bupati H Wihaji.

Pendirian retail modern harus dibarengi manfaat bagi masyarakat dan keterlibatan UMKM di dalamnya.

“Kalau tidak melibatkan teman teman UMKM, silahkan cek kemudian bilang ke saya, bisa  saya tutup,” cetus Wihaji.

Sementara itu, Branch Manager Alfamidi Jateng-DIY, Widodo mengaku siap memberikan ruang bagi produk UMKM lokal, yang bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Batang.

“Pintu masuk produk UMKM di Alfamidi  terbuka lebar. Kami juga kerjasama dengan Disperindagkop untuk membahas mengenai produk UMKM yang  bisa masuk ke Alfamidi,” jelas Widodo.

Ada beberapa  perizinan yang menjadi syarat mutlak produk UMKM untuk masuk ke supermarket. “Perizinan seperti PIRT, Halal dan lainnya itu  menjadi syarat mutlak produk bisa masuk supermarket. Pelaku UMKM harus diberikan edukasi produk seperti apa yang layak. Untuk itulah kami bekerjasama dengan Disperindagkop,” tuturnya.  (Fel/didik)