Bupati Pemalang dan Istrinya Positif COVID-19

Sempat Bertemu dengan Para Kades

PERIKSA:Bupati Pemalang Junaedi positif virus Corona atau COVID-19, Rabu (22/7). Dia dikabarkan sempat bertemu pada kades.

JATENGPOS.CO.ID,  PEMALANG – Bupati Pemalang, Junaedi, dinyatakan positif virus Corona atau COVID-19. Tidak hanya itu, dua pejabat Eselon II di Pemkab Pemalang juga dalam terkonfirmasi kena COVID-19.

“Betul itu (Bupati) dengan Ibu (istri), dengan Pak Sek (Sekda) dan salah satu pejabat eselon II,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pecepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang Tetuko Rahardjo saat dihubungi, Rabu (22/7.

“Pejabat eselon duanya dua,” lanjutnya.

Konfirmasi ini diketahui dari hasil tes swab yang mereka jalani kemarin. Tetuko mengungkap mereka memiliki mobiltas tinggi. “Jadi kita belum tahu dari mananya masih kita identifikasi,” jelas Tetuko.

Saat ini dikatakan Tetuko, keempatnya menjalani perawatan dan karantina di rumah sakit. Mereka disebut Tetuko dalam kondisi sehat.

“Seluruhnya merupakan orang tanpa gejala,” ujarnya.

Tetuko mengungkap, Bupati Pemalang bersama ASN di lingkungan Pemkab Pemalang mengikuti rapid test yang digelar di Pendopo Pemkab. Menurutnya, hasil dari semua tes tersebut non-reaktif.

“Sebelumnya di-rapid test. Termasuk saya. Hasilnya non-reaktif semuanya. Rapid test tidak menjamin yang bisa ya swab test,” katanya.

Selain para pejabat Pemkab Pemalang, di hari yang sama juga ada 3 orang lainnya yang juga dinyatakan positif COVID-19. Dengan demikian, maka jumlah total kasus terkonfirmasi COVID -19 di Kabupaten Pemalang sebanyak 77 orang. Terdiri dari 39 orang sembuh, 35 orang dirawat dan 3 orang meninggal dunia.

“Dari jumlah tersebut, 16 orang bukan warga Pemalang,” jelas Tetuko

Diungkapkannya, mobilitas Junaedi tinggi termasuk sempat bertemu dengan para kades.

“Kita identifikasi orang-orangnya yang secara fisik berkontak dengan beliau-beliaunya. Mobilitas beliaunya tinggi termasuk saat turun ke bawah bersama para kades,” ujar.

Untuk itu, para kepala desa dan istrinya di Pemalang akan menjalani rapid test yang akan dilakukan secara bertahap.

“Hari ini (kemarin, red) dilakukan rapid test seluruh kades dan istri yang kami lakukan secara bertahap untuk mengurangi kerumunan,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tim Gugus Tugas Pecepatan Penanganan COVID-19 Pemalang juga telah menyemprot kawasan Pemkab Pemalang dengan disinfektan, termasuk kantor bupati dan Sekertariat Daerah Pemalang.(dtc/udi)