Cafe Baca SDN Bojong Salaman 01

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin saat berkunjung dan me-launching Cafe Baca SDN Bojong Salaman 01, Rabu (15/11). FOTO : AMBAR ADI WINARSO/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Gerakan siswa gemar membaca dicetuskan SDN Bojong Salaman 01 Semarang. Sebuah sudut baca bernama Cafe Baca, layaknya sebuah tongkrongan kafe lengkap dengan kursi meja yang unik dengan aneka koleksi buku, tersedia untuk dibaca kapan saja oleh siswa.

Kepala SDN Bojong Salaman 01, Sutari mengatakan, gemar membaca akan menjadi budaya karakter bagi siswa didiknya. Para siswa dibebaskan membaca saat pagi, jam istirahat atau saat ada waktu literasi. “Cafe Baca ini ada di tiap kelas, dengan satu set terdiri satu meja dan tiga kursi. Di dalam kelas ada satu set, dan di luar kelas ada dua set,” katanya, usai me-launching Cafe Baca, Rabu (15/11).

Agar lebih nyaman dan asyik membaca, meja terbuat dari kardus bekas yang didaur ulang dilapisi dengan multiplek dan dicat warna-warni. Sedangkan kursi memanfaatkan ember bekas car yang juga ditutupi multiplek.

“Ada buku fiksi seperti aneka macam cerita, dan non fiksi ada biografi, pengetahuan dan lainnya. Ini untuk merangsang siswa untuk membaca,” ujarnya.

Pihak sekolah juga melakukan supervisi dengan catatan literasi buku siswa. Setiap usai membaca siswa akan mencatat jenis buku dan judul apa saja yang sudah dibaca. “Sehingga kami bisa memantau seberapa banyak dan intens siswa dalam membaca, apa kesukaan bukunya. Dari catatan tersebut akan tercermin banyak sedikitnya buku yang berhasil dibaca siswa,” terangnya.

Dari catatan literasi itu pula, pihak sekolah dan guru akan memberikan hadiah (reward) kepada siswa yang memiliki jumlah buku terbanyak yang sudah dibaca. “Hadiah berupa PIN, reward sebagai motivasi siswa juga. Adanya Cafe Baca ini maka wawasan pengetahuan siswa bertambah, perbendahaaraan kata lebih banyak sehingga ini membantu dalam pembelajaran terutama mata pelajaran mengarang tidak lagi menakutkan atau membuat puisi tak lagi sulit,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bunyamin mengapresiasi di-launching-nya Cafe Baca SDN Bojong Salaman 01. Diharapkannya, tempat itu bisa menjadi alternatif siswa membaca selain di perpustakaan dan di rumah.

“Tempatnya nyaman dan unik, anak-anak pasti suka. Ini juga sebagai pengembangan pendidikan karakter siswa, menjadi budaya gemar membaca yang akan membuka jendela dunia bagi proses belajar,” katanya. (aam/bow/mg8)