Calon Perseorangan Butuh Dukungan 58.268 Orang

196

JATENGPOS.CO.ID, SRAGEN – Jika seseorang memutuskan maju lewat jalur perseorangan, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020, maka dibutuhkan dukungan sebanyak 7,5% dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau 58.268 dukungan.

Selain itu jumlah dukungan itu harus tersebar di setidaknya 11 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen.
Dukungan itu paling lambat diserahkan pada Februari mendatang.

“Bagi mereka yang hendak maju di Pilbup 2020 lewat jalur perseorangan, hendaknya saat ini sudah mencari berkas, surat pernyataan dukungan dan disertai bukti fotokopi KTP,” tandas Ketua KPU Minarso, kemarin.

KPU telah melaksanakan sosialisasi Pencalonan Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020”, yang dihelat di kantor KPU , kemarin.

Dalam sosialisasi itu, KPU mengundang berbagai pihak stakeholder atau pemangku kepentingan. Antara lain seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sragen, organisasi masyarakat (ormas), organisasi kepemudaan dan juga partai politik (parpol).

“Kami sudah melaksanakan sosialisasi terkait pencalonan perseorangan, baik mengenai persyaratan dukungan dan tahapan-tahapannya,” kata Minarso.

Pengumuman terkait pencalonan perseorangan juga sudah diumumkan KPU Sragen lewat media massa pada 3 Desember lalu. Menurut Minarso, bukti dukungan yang dikumpulkan calon perseorangan itu bakal diverifikasi faktual pada Februari mendatang.

Yakni, begitu KPU sudah memiliki Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa atau kelurahan.

“Nanti verifikasi akan dilakukan oleh PPK dan PPS di wilayah masing-masing, karena mereka menjadi pelaksana di lapangan. Namun proses pembentukan PPK baru kami laksanakan pada Januari mendatang,” tuturnya.

Verifikasi faktual itu dengan cara mendatangi dari rumah ke rumah semua mereka yang memberikan dukungan kepada bakal calon perseorangan yang dimaksud. (ars/rit)