Canva Memudahkan Guru Bergerak

Di tengah semangat program pemerintah untuk meningkatkan kualitas mutu Pendidikan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi salah satunya Pendidikan guru penggerak. Pendidikan guru penggerak diatur dalam peraturan Mendikburistek RI nomor 26 Tahun 2022 pada pasal 1 (2) bahwa guru penggerak adalah guru yang sudah memiliki sertifikat guru penggerak. Pemerintah memiliki harapan besar di pundak guru, bahwa kualitas mutu pendidikan akan semakin meningkat. Program Pendidikan guru penggerak telah berjalan hingga angkatan 7.

Guru SD 1 Undaan Tengah bersemangat aktif mengikuti program guru penggerak untuk meningkatkan kompetensi diri. Manfaat lain yang akan diterima oleh guru adalah mendapat sertifikat guru penggerak sebagai bukti tambahan bahwa guru tidak perlu mengikuti PPG untuk memperoleh tunjangan sertifikasi. Guru juga dapat menggunakan sertifikat guru penggerak sebagai syarat promosi menjadi kepala sekolah.

Pendidikan guru penggerak dilaksanakan selama enam bulan secara daring melalui LMS dan Lokakarya secara luring. Pendidikan tersebut antara lain membaca materi yang tersedia di LMS, kritis berargumen serta adu gagasan tentang topik yang dipelajari. Pada LMS juga terdapat tugas mandiri yang harus dikerjakan hingga melakukan aksi nyata sebagai bukti pendalaman materi yang telah diterima. Pada proses inilah guru dituntut untuk kreatif dan cerdas demi ketepatan waktu dalam pengumpulan tugas dari fasilitator di dalam LMS. Banyak tugas yang harus diwujudkan berupa poster, info grafis, video, dll. Guru yang mengikuti program guru penggerak banyak tantangan dalam mengikuti proses mengumpulkan tugas baik secara individu maupun kelompok diskusi. Pada LMS juga terdapat ruang kolaborasi bersama fasilitator dan instruktur agar guru penggerak dapat lebih mendalami pokok bahasan setiap modul.

Ketika membuat tugas yang ada pada LMS inilah, calon guru penggerak harus tepat dalam memilih aplikasi untuk memudahkan guru mengerjakan tugas. Banyak guru menggunakan canva untuk membuat tugas koneksi antar materi, jurnal refleksi, presentasi berupa poster, info grafis, dan video sebagai paparan hasil kerja individu maupun diskusi kelompok. Aplikasi canva dapat diakses secara online dan gratis menggunakan akun belajar.id setiap guru. Melalui canva yang di akses secara online menyediakan banyak templat yang sangat membantu guru dalam mengerjakan tugas-tugas calon guru penggerak.

Sebelumnya calon guru penggerak menemui hambatan perlu aplikasi tambahan untuk edit video guna membuat poster, info grafis, video,dll. Hadirnya canva dapat yang diakses secara online sangat meringankan guru untuk memenuhi dan menyelesaikan tugas pada LMS. Guru secara leluasa memilih konten templat yang ada untuk digunakan membuat tugas presentasi. Guru dapat secara cepat menyelesaikan tugas baik dindividu maupun hasil diskusi secara kelompok.

Meski dirasa sulit diawal penggunaan canva itu karena belum terbiasa memanfaatkannya. Seiring tugas di LMS yang harus di upload secara tepat waktu, dengan adanya canva memudahkan guru menyelesaikannya. Guru mulai terbiasa dan terampil menggunakan canva dalam mengerjakan tugas tagihan di LMS. Dengan kata lain, canva menjadi aplikasi online alternatif yang dapat mendukung guru untuk menyelesaikan tugas guru sebagai calon guru penggerak serta memudahkan guru untuk bergerak memajukan kualitas pendidikan.

 

Nama               : DWI PRASETYO UTOMO, S.Pd.SD

Instansi            : SD 1 Undaan Tengah

Alamat            : Getaspejaten RT 4 RW 4 Kecamatan Jati Kabupaten Kudus