CAPTION Menarik dengan Media REEL Instagram

Niken Purwani, S.S., S.Pd.Gr Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Cilacap

JATENGPOS.CO.ID, – Pandemi belum juga berakhir. Sebagai pendidik, kita dituntut untuk terus memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tantangan utama yang harus dihadapi adalah kejenuhan peserta didik. Mereka yang lelah terus- menerus diberi tugas daring tanpa mendapatkan hiburan, menjadi salah satu faktor yang mendorong penulis untuk mencoba strategi baru dalam pembelajaran menyusun caption (teks penyerta gambar) untuk mapel Bahasa Inggris wajib kelas XII di SMA Negeri 1 Cilacap pada tahun pelajaran 2021/2022.

Pada KD 4.3.2 disebutkan tentang menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/ tabel/grafik/ bahan dengan memperhatikan unsur kebahasaan. Peserta didik kadang enggan menuliskan caption dalam Bahasa Inggris karena ragu-ragu saat menuangkan idenya. Mereka tidak yakin tentang penggunaan grammar yang tepat. Selain itu, mereka harus memperkaya kosakata dan diksi agar pengguna Instagram tertarik dengan unggahan yang mereka buat.

Memahami kesulitan peserta didik ini, penulis mencoba mencari sebuah strategi agar peserta didik antusias belajar teks caption. Sebagai pendidik di era digital, kita harus memahami bahwa peserta didik sering mengunggah foto dan mengabarkan peristiwa terbaru yang mereka alami di media sosial. Karena itulah, penulis mencoba menggunakan media REEL yang dilengkapi dengan video serta lagu di Instagram. Media inilah yang menjadi pilihan penulis saat mengajarkan menyusun caption dalam bahasa Inggris.

Dalam bukunya Alhabash dan Ma (2017) menyatakan bahwa Instagram adalah salah satu media sosial yang biasanya digunakan oleh peserta didik untuk berbagi informasi pribadi seperti mengunggah foto-foto atau video dan menuliskan caption pada unggahan tersebut.

Kemampuan menyusun teks caption harus dilatihkan secara terus-menerus pada peserta didik dengan praktik yang sering secara teratur. Tujuannya agar peserta didik mampu memahami dan menulis sesuai dengan kaidah penulisan yang terkait dengan langkah menyusun teks caption yang terdiri dari tindakan/peristiwa, orang yang terlibat, dan lingkup situasi.  Selain itu peserta didik juga mahir menggunakan ciri kebahasaan terkait penggunaan frasa nominal untuk benda dan frasa verbal untuk orang terkait foto/tabel/grafik yang digunakan.  

Strategi yang dilakukan penulis adalah meminta peserta didik untuk mengumpulkan foto/ video menarik dan mencoba membuat caption dalam bahasa Inggris sesuai foto/video tersebut. Peserta didik harus memperhatikan tata bahasa serta ciri kebahasaan dari teks caption. Selanjutnya, penulis mengoreksi caption yang telah mereka buat. Bagi peserta didik yang telah lolos koreksi, selanjutnya dapat mengunggah video disertai caption di Reel pada Instagram.

Penulis juga meminta peserta didik untuk menggunakan fitur tag pada gambar yang diunggah dan menandainya dengan menyebutkan akun instagram-nya. Tujuannya agar penulis dapat mengecek siapa saja yang sudah mengunggah tugasnya di Instagram. Berikutnya, penulis akan memberikan sedikit ulasan tentang unggahan peserta didik pada kolom komentar. Peserta didik lain juga diharapkan memberikan tanda love  pada Reel teman mereka serta memberikan komentar dalam Bahasa Inggris untuk membiasakan diri berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Menulis dan belajar bahasa adalah tentang kebiasaan. Dan kebiasaan itu berawal dengan menuliskan caption berbahasa Inggris di Instagram sebisa mungkin. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba tuliskan caption feed atau Reel-mu  dalam Bahasa Inggris!

 

Oleh: Niken Purwani, S.S., S.Pd.Gr

Guru Bahasa Inggris

 SMAN 1 Cilacap