Cari Informasi Up Date Jateng? Dengarkan Jateng Gayeng Online Radio

INFORMASI JATENG: Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jateng Riena Retnaningrum di Jateng Gayeng Online Radio. FOTO:DOK/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– Ketua Persatuan Radio Televisi Publik Daerah atau Persada.id, Ganjar Pranowo berharap radio streaming Jateng Gayeng Online Radio mampu menyiarkan informasi up date (terbaru) dan up to date.

Jateng Gayeng Online Radio merupakan kanal media baru yang dihadirkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, untuk menyebarluaskan informasi terkait Jawa Tengah secara cepat dan langsung.

Adalah, radio streaming yang dapat diakses melalui internet dan mengudara selama 24 jam. Pendengar dapat mengakses laman onlineradio.jatengprov.go.id atau mengunduh aplikasi Jateng Gayeng Online Radio di Play Store, agar dapat menikmati sajian program yang dihadirkan.

Radio streaming ini menggunakan tagline “Dengerin Jateng Dari Mana Saja”, merupakan cerminan bahwa seluruh masyarakat bisa mendengarkan informasi seputar Jawa Tengah dari mana saja mereka berada.

“Teman LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Jateng Gayeng Online Radio, tetap semangat karena punya kekuatan untuk menginformasikan, karena begitu berarti dan sangat ditunggu. Maka ambillah berita di lapangan,” kata Ganjar saat melakukan siaran streaming melalui sambungan telepon dalam siaran di Jateng Gayeng Online Radio Kota Semarang, Selasa (3/1/2023).

Misal dalam konteks bencana, kata Ganjar, radio akan memberitakan siapa warga yang jadi korban segera ditolong. Sehingga, pertolongan yang diharapakan akan mengena tepat sasaran.

“Siapa yang perlu ditolong, kawan LPPL akan menjadi jembatan (like a bridge) begitu. Jembatan yang menyambungkan. Oh, butuh bantuan, bisa disampaikan. Ada informasi, bisa disampaikan. Hati-hati cuaca belum baik. Maka kita siapkan diri dengan yang terbaik. Teman LPPL bisa menyampaikan informasi yang update dan up to date,” pesan Gubernur Jateng ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, Jateng Gayeng Online Radio ini merupakan terobosan.

“Beberapa waktu lalu sudah bersinergi dengan Pramuka untuk menyiarkan situasi suasana cuaca ekstrem. Kemudian, sinergi dengan BMKG nantinya untuk memberikan informasi, meliterasi masyarakat terkait situasi yang sedang potensi yang akan kita alami di bulan-bulan ini,” ujarnya.

Menurutnya, informasi yang disiarkan akan mengedukasi masyarakat di era digital ini. Termasuk akan sangat banyak sekali literasi yang tersampaikan. Karena radio itu didengar sampai akar rumput hingga level masyarakat yang jauh.

“Ini keren sekali Jateng punya terobosan seperti ini. Mayarakat bisa mendengarkan radio ini dengan mendownload saja aplikasinya. Siarannya sudah 24 jam. Ada klaster lagu, informasi yang dibutuhkan. Silakan download, dengarkan, ceritakan, berikan masukan ke saya apa yang harus dbenahi di dalam Jateng Gayeng Online Radio,” jelasnya. (ul/muz)