Beranda Ekonomi CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

8
- DIGITAL BANKING- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), misalnya, terus mengoptimalkan digital banking channel yang dimilikinya untuk melayani seluruh segmen nasabah. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat diandalkan dalam memenuhi beragam kebutuhan keuangan. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), misalnya, terus mengoptimalkan digital banking channel yang dimilikinya untuk melayani seluruh segmen nasabah, termasuk retail, preferred, dan small individual enterprise.

Tersedianya berbagai fasilitas dalam ekosistem digital banking yang komprehensif semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank digital terdepan di Indonesia. Adapun salah satu platform digital CIMB Niaga yang dikembangkan secara berkelanjutan yaitu OCTO Mobile, aplikasi digital banking yang menyediakan fitur lengkap layaknya Super App.

Hal ini dilakukan dengan konsisten menghadirkan fitur dan layanan terupdate untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah kini dan nanti pada setiap fase kehidupan.

Head of Digital Banking, Branchless, and Partnership CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi mengatakan, sepanjang 2020, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia ini telah meluncurkan lebih dari 70 fitur serta penyempurnaan di OCTO Mobile. Diantaranya, fitur pembelian Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, pembayaran pajak kendaraan bermotor, Travel Concierge untuk pembelian tiket pesawat, pembayaran tagihan kepada 49 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), tarik/setor tunai di Indomaret, dan berbagai fitur tambahan lainnya.

“Meskipun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan, kami tetap berupaya untuk memberikan inovasi terbaik. Kami terus memperkenalkan fitur-fitur baru untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan. Dengan beragam inovasi tersebut, nasabah kini dapat memenuhi kebutuhan finansialnya dalam satu aplikasi, mulai dari transaksi, investasi, pinjaman, serta layanan penunjang sehari-hari,” kata Bambang pada Diskusi Bersama CIMB Niaga di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Bambang menjelaskan, untuk kebutuhan transaksi, OCTO Mobile dapat melayani transfer tanpa biaya ke bank lain sebanyak 20 kali per bulan, Top-Up e-Wallet lengkap hingga 12 e-Wallet ternama, membayar tagihan dan pajak, belanja menggunakan berbagai sumber dana yang tersedia sesuai ketentuan termasuk Poin Xtra, Tabungan, Kartu Kredit, dan Rekening Ponsel, hingga tarik setor tunai tanpa kartu. Bahkan nasabah juga tidak perlu bersentuhan dengan benda lain ketika bertransaksi di merchant dengan memanfaatkan layanan Scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Pada momentum bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, OCTO Mobile juga memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) atau donasi lainnya kepada 15 Lembaga Amil Zakat (LAZ) mitra CIMB Niaga Syariah.

Bagi nasabah yang ingin berinvestasi, OCTO Mobile juga memberikan pilihan instrumen investasi yang lengkap, mulai dari deposito, tabungan berjangka, obligasi, hingga tabungan valuta asing.

Fitur pinjaman pun telah tersedia di OCTO Mobile. Dengan fitur ini, nasabah bisa mengubah transaksi Kartu Kredit menjadi cicilan tetap 0% selama 3 bulan untuk transaksi senilai minimal Rp500 ribu. Selain itu, bagi nasabah terundang juga dapat mengajukan pembuatan Kartu Kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman sesuai limit yang ada di Kartu Kredit.

*Transaksi Meningkat

Konsistensi CIMB Niaga dalam menghadirkan inovasi tersebut, berkontribusi meningkatkan transaksi melalui OCTO Mobile. Per 31 Desember 2020, jumlah transaksi finansial yang diproses di OCTO Mobile meningkat 50% secara tahunan. Adapun jumlah pengguna yang dilayani mencapai 2,4 juta.

Tahun ini, OCTO Mobile terus mengembangkan fitur-fitur baru melengkapi layanan yang telah tersedia sebelumnya. Antara lain, fitur pembelian asuransi yang memudahkan nasabah untuk membeli produk-produk bancassurance dari aplikasi digital banking. Produk asuransi yang telah tersedia yaitu asuransi jiwa, kesehatan, perjalanan, pencurian, hingga perampokan.

CIMB Niaga juga menyempurnakan fitur Travel Concierge sehingga nasabah dapat memilih sumber dana Rekening Tabungan, Rekening Ponsel, atau Kartu Kredit. Nasabah yang membeli tiket pesawat pada periode 1 April hingga 30 Juni 2021 dengan nilai transaksi minimum Rp1 juta berkesempatan mendapatkan cashback saldo Rekening Ponsel sebesar Rp150 ribu.

“Dengan kapabilitas dan fitur yang semakin lengkap, OCTO Mobile diharapkan menjadi solusi bagi nasabah agar tetap dapat melakukan transaksi perbankan dan finansial secara sehat, aman, dan nyaman dari mana saja dan kapan saja. Hal ini juga sejalan dengan upaya CIMB Niaga untuk memberikan customer experience yang positif di setiap channel layanan sehingga kepuasan dan loyalitas nasabah terus terjaga,” ujar Bambang.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk memperoleh beragam keunggulan OCTO Mobile lainnya, namun belum memiliki rekening CIMB Niaga, maka bisa membuka rekening untuk pertama kali melalui OCTO Mobile. Seluruh proses verifikasi akan dilakukan pada aplikasi, sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang. Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, maka nasabah dapat menikmati fitur-fitur yang dibutuhkan.(aln)