City Fokus EPL

Manchester City vs Newcastle United

JATENGPOS.CO.ID,  MANCHESTER – Liga Inggris 2021-22 pekan ke-36 akan melanjutkan persaingan Manchester City dan Liverpool di puncak klasemen EPL musim ini. Jelang duel kedua kubu mengalami kondisi sangat berbeda. Saat ini City masih memimpin klasemen dengan keunggulan 1 poin atas Liverpool. Sedangkan Mohamed Salah penyerang Liverpool masih di puncak daftar top skor dengan 22 gol.

Duel penutup pekan ini ketika Manchester City hendak menjamu Newcastle di Etihad Stadium, Minggu (08/05/2022) malam pukul 22:30 WIB, disiarkan langsung SCTV dan streaming Mola TV. Usai dipastikan tersingkir dari ajang UCL 2021/2022, Man City diprediksi tampil all out untuk memburu gelar EPL musim ini.

City baru saja menelan pil pahit. City gagal ke final Liga Champions setelah disingkirkan Real Madrid. Mereka perlu menjadikan kegagalan itu sebagai cambuk untuk berlari kencang dalam persaingan dengan Liverpool di perburuan gelar juara Premier League.

City dan Newcastle sama-sama menelan kekalahan di laga terakhirnya. City ditekuk Madrid 1-3 di semifinal leg kedua, yang membuat mereka tersingkir dengan agregat 5-6, sedangkan Newcastle ditaklukkan Liverpool 0-1 di EPL.

Pada pekan ke-18 lalu, City menang telak 4-0 di kandang Newcastle. Tim besutan Josep Guardiola menumbangkan anak-anak asuh Eddie Howe lewat gol-gol Ruben Dias, Joao Cancelo, Raheem Sterling, dan Riyad Mahrez.

Performa bagus di pentas Eropa bisa menjadi motivasi tambahan bagi The Reds untuk melakoni persaingan di sisa musim kompetisi domestik.

Pada pekan 36, tim asuhan Jürgen Klopp diagendakan menjamu Tottenham di Stadion Anfield. Dengan tampil lebih awal ketimbang Man City, The Reds berpotensi menggeser sang rival dari pucuk klasemen jika sanggup menuai hasil maksimal.

Berbanding terbalik dengan Liverpool, Manchester City baru saja dipastikan gagal lolos ke final UCL 2021/2022. Tim besutan Pep Guardiola disingkirkan Real Madrid, lewat agregat gol 5-6.

“Ini sangat sulit bagi kami. Kami tidak bisa menolaknya. Kami sangat dekat untuk tampil di final Liga Champions,” ujar Guardiola, usai City kalah 3-1 pada semifinal leg kedua UCL 2022, Kamis (05/05/2022), seperti dikutip dari laman resmi klub.

Usai dipastikan gagal meraih trofi UCL, The Citizens diprediksi mengalihkan fokus mereka ke Liga Inggris untuk perburuan trofi musim ini. Fernandinho dan kolega berpeluang mengamuk ketika menerima kunjungan Newcastle United untuk menjaga kans juara.

Persaingan panas di papan atas EPL musim ini tidak hanya melibatkan Manchester City dan Liverpool semata. Akan tetapi juga menyuguhkan rivalitas antara Arsenal dan Tottenham. Dua klub asal London itu sama-sama berpeluang meraih tiket terakhir menuju Liga Champions musim depan.

Saat ini Arsenal menduduki posisi ke-4 (61 poin). Sementara Tottenham tepat berada di bawahnya dengan hanya berjarak 2 angka saja. Sementara 3 jatah tiket UCL lain berpeluang besar menjadi milik Man City, Liverpool, dan Chelsea.

Gelar juara Premier League menjadi satu-satunya trofi tersisa yang bisa diangkat di Etihad Stadium pada akhir musim. Tidak heran pelatih asal Spanyol itu akan mencari formula yang pas untuk membangkitkan semangat Ruben Dias dan kawan kawan.

Klub milik Sheikh Mansour itu harus bisa meraih poin penuh untuk menjaga asa juara Liga Primer Inggris. Jika tidak, peluang Manchester City bisa direbut Liverpool yang ada di peringkat kedua tabel klasemen dengan hanya beda satu angka. The Reds bertengger di tempat kedua dengan koleksi 82 terpaut satu angka dari Manchester City.

Tercatat Man City menyisakan tiga laga lagi di Premier League seusai melawan Newcastle dengan menghadapi Wolverhampton Wanderers (12/5), West Ham United (15/5) dan Aston Villa (22/5). Jika empat laga tersebut berhasil disapu bersih, bukan tidak mungkin Pep Guardiola mendapat gelar hiburan pada akhir musim dengan menggondol trofi Premier League.

Musim ini menjadi kurang bersahabat untuk Manchester City seusai beberapa gelar lepas. Fernandinho tercatat gagal meraih Piala FA seusai terhenti oleh Liverpool pada babak semifinal. Jauh sebelum itu, pada awal musim gelar Community Shield dan Piala Liga Inggris juga lepas seusai tim asal kota Manchester itu kalah dari Leicester City serta West Ham United.

Karena itu City tampaknya harus mengamankan gelar Premier League, cuma itu trofi yang tersisa untuk diperjuangkan. Bagaimanapun, pertandingan hari Minggu adalah pertandingan yang harus dimenangkan oleh tim asuhan Pep Guardiola. Prediksi skor Manchester City 4 – 0 Newcastle. (bol/riz)