Beranda Jateng Dahlan Rais Resmikan Asrama PAKYM Surakarta Tahap Pertama

Dahlan Rais Resmikan Asrama PAKYM Surakarta Tahap Pertama

130
PERESMIAN : Dahlan Rais dan sejumlah pengurus PAKYM saat peresmian asrama di Solo.
PERESMIAN : Dahlan Rais dan sejumlah pengurus PAKYM saat peresmian asrama di Solo.

JATENGPOS.CO.ID, SOLO – Gedung asrama Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah (PAKYM) Surakarta, diresmikan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmah Dahlan Rais bersama Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta KH. Subari, Minggu (15/9). Peresmian ditandai penekanan tombol dan penandatangan prasasti dan disaksikan oleh masyarakat Muhammadiyah se Soloraya dengan pengajian bersama Ustad Dr H. Rozihan.

“Ini adalah Panti Asuhan tertua di kota Solo berdiri tahun 1926. Sehingga bangunan lama memang sudah lama dan musti direnovasi. Ada 5 tahap pembangunan, baru selesai tahap pertama asrama, akan disusul tahap berikutnya,” ungkap Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Rais kepada wartawan seusai penandatanganan prasasti.

Dahlan mengemukakan, bangunan lama terdiri hanya satu lantai, untuk pembangunan gedung asrama yang baru terdiri dari tiga lantai. Dengan daya tampung asrama dari 50 anak menjadi 200 anak. Dikatakan, dalam asrama yatim ini, mendidik anak-anak dengan model Pesantren Muhammadiyah.

Terutama dalam hal pendidikan agama Islam, yakni pengajaran agama Islam meliputi 60 persen materi yang diajarkan. Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan PAKYM Surakarta Noor Yasin, SE mengungkapkan, total biaya pada tahap pertama ini sekitar Rp. 3,3 miliar termasuk isinya. Sebagian besar berasal dari bantuan masyarakat, ditambah bantuan Uni versitas Muhammadiyah dan Pemerintah.

“Luas bangunan tahap pertama total sebesar 954 meter persegi, terdiri dari tiga lantai. Tahap pertama ini telah selesai dalam waktu 1 tahun 8 bulan. Fungsinya mengganti asrama yang sudah tua yang telah berusia sekitar 93 tahun, ditambah gedung pertemuan dan tempat usaha,” jelasnya. (dea/bis/rit)