Daihatsu Rocky Taklukkan Tanjakan Bandungan

*Mesin Turbo Bikin Ngacir

30
DAIHATSU ROCKY- Rocky menjadi produk pertama Daihatsu dengan teknologi turbo yang kini menjadi idola baru. FOTO : ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – Performa Daihatsu Rocky sebagai mobil compact SUV yang tangguh di segala medan terbukti. Dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), Rocky bahkan mampu menaklukkan jalanan terjal, berkelok, dan tanjakan tanpa kendala apapun.

“Rocky sangat tangguh, saat naik tanjakan, mobil tetap stabil dan kendaraan makin ngacir,” ujar Istib, salah satu jurnalis dari Antaranews.com yang turut menjajal Daihatsu Rocky, melalui kegiatan ‘Test Drive bersama Regional Journalist Rocky’, Kamis (4/11/2021).

Dalam kegiatan ini jurnalis diajak mencoba ketangguhan Rocky mulai dari kantor Astra Internasional Daihatsu Cabang Semarang di Jalan Majapahit menuju Simpanglima, Tugumuda, naik ke arah Banyumanik dan seterusnya sampai di Istana Kuliner Bandungan, Kabupaten Semarang.

Menurut Istib, penggunaan turbo pada Daihatsu Rocky mulai terasa saat mesin dihidupkan. Pengemudi tidak perlu menginjak gas terlampau dalam untuk bisa mengoptimalkan tenaga.

“Irit BBM dan bertenaga. Secara psikis dalam berkendara juga dapat, karena efek nyaman, tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam sudah kerasa tenaganya,” ungkapnya.

Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jateng DIY, Ferry mengatakan, Rocky merupakan produk Daihatsu pertama di Indonesia yang mengusung teknologi DNGA (Daihatsu New Global Architecture). DNGA adalah platform terbaru dari Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil, seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

“Selain 1.000 cc turbo, Daihatsu Rocky juga diproduksi dengan mesin 1.200 cc, dengan ragam pilihan varian warna, mulai merah, kuning, putih, hitam, dan silvera,” katanya.

Daihatsu Rocky, lanjutnya, dibanderol mulai harga Rp182.800.000 untuk tipe terendah. Sedangkan untuk tipe tertinggi dibanderol dengan harga Rp243.500.000.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Semarang, Dodi Indrianto menambahkan, saat ini Rocky menjadi mobil paling canggih di Daihatsu. Selain ada mesin turbo, penampilan eksterior maupun interiornya sangat modern.

“Daihatsu Rocky memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar. Apalagi ring 17 pada roda mobil ini semakin menambah kegagahan Daihatsu Rocky. Belum lagi fitur canggih lainnya,” imbuh Dodi.

Pada sisi Eleksterior, lanjutnya, Rocky dilengkapi dengan fitur canggih terkini, seperti LED Headlamp, Auto retractable mirror dan Key Free. Di bagian interior, dashboard Rocky di-desain seperti cockpit, yang memberikan kesan modern.

“Senada dengan itu, meter cluster Rocky didesain menggunakan teknologi Full Digital dengan 4 mode tampilan yang dapat dipilih sesuai dengan style dan selera pengendara,” ujarnya.

Sementara, salah satu yang menarik di kendaraan ini adalah adanya fitur canggih keamanan A.S.A. Daihatsu memberikan pengalaman berkendara lebih aman, seperti Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking. Teknologi ini dapat membantu pengendara dengan memberi peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis.

“Fitur ini mampu mengurangi dampak dari tabrakan dengan kendaraan di depan akibat situasi jarak yang terlalu dekat, maupun terlambat dalam melakukan pengereman,” terangnya.

Ada pula fitur HSA (Hill Start Assist), yakni teknologi yang membantu pengemudi dengan mencegah mobil agar tidak mundur saat berhenti di jalanan menanjak.

Selain beragam fitur canggih di atas, Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar. Fitur ini dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), VSC (Vehicle Stability Control).(aln)