Debut Banjir Pujian

Chelsea

JATENGPOS.CO.ID, LIVERPOOL – Fakta bahwa Chelsea merupakan tim terboros pada bursa transfer musim dingin tak lagi terbantahkan. Bagaimana tidak, The Blues merekrut enam pemain baru yakni David Datro Fofana, Benoit Badiashile, Andrey Santos, Joao Felix, Mykhaylo Mudryk, dan Noni Madueke.

Di antara mereka penampilan Mudryk paling mendapatkan perhatian. Maklum saja, Mudryk dibeli dari Shakhtar Donetsk sebesar 70 juta euro plus 30 juga bonus, menjadikan transfer totalnya mencapai 100 juta euro.

Usia Mudryk baru berusia 22 tahun dan winger asal Ukraina itu juga menjadi bagian investasi Chelsea untuk masa depan, sekaligus melanjutkan revolusi skuad di bawah kepemilikan baru milik Todd Boehly.

Mudryk sudah memainkan debutnya ketika Chelsea imbang (0-0) melawan Liverpool di Anfield, Sabtu (21/01) malam WIB. Graham Potter memainkannya di menit 55 dan selama 35 menit bermain, Mudryk sudah dibanjiri pujian.

“Melihat Mudryk selama 10 menit saya tidak akan suka bermain melawannya!” papar pandit sepak bola, Gary Neville. Neville baru permulaan. Kompatriotnya yang juga pandit sepak bola, Rio Ferdinand, juga memuji performa Mudryk dan menilai Arsenal tidak akan senang melewatkan kans merekrutnya.

“Kita semua telah melihat klip kecepatannya yang eksplosif, tetapi saya melihat seseorang di sana dengan kaki lembut hari ini. Seseorang yang memiliki umpan yang bagus, pengambilan keputusan yang baik di sepertiga akhir, ketenangan berlari dengan kecepatan – elemen-elemen itu membuat itu adalah proposisi menakutkan yang dijalankan untuk full-back ketika dia sudah beradaptasi sepenuhnya,” terang Ferdinand.

“Ini hanya menit pertamanya dalam sebulan atau lebih, jadi siapa yang tahu apa yang akan dia hasilkan setelah ini. Ini adalah momen yang menyenangkan bagi penggemar Chelsea dan saya yakin akan ada penggemar Arsenal yang duduk di sana sepanjang hari-hari saya, (bertanya) bagaimana bisa kami tidak merekrutnya,” imbuhnya.

Senada dengan keduanya juga mantan pelatih Aston Villa, Steven Gerrard. Ia melihat Mudryk bak Arjen Robben kala masih muda dan prima. Fans Chelsea pun seharusnya senang memiliki Mudryk.

“Saya akan sangat senang dengan anak baru, Mudryk, jika saya adalah penggemar Chelsea yang menontonnya, saya pikir itu adalah cameo yang kuat, dan jika dia tidak fit dan masih ada lagi yang akan datang di area itu maka saya tahu penggemar Chelsea sangat bersemangat,” ungkap Gerrard.

“Dia terlihat nyata, beberapa klipnya hari ini luar biasa. Dia sedikit mengingatkan saya pada Arjen Robben di sini hari ini, gerak kakinya, seberapa cepat dia, bagaimana dia memanipulasi bola, saya akan sangat senang jika saya adalah fans Chelsea,” lanjutnya.

Menilik dari Squawka catatan Mudryk selama 35 menit melawan Liverpool adalah: 100 persen tekel sukses, percobaan 14 operan, operan sukses 13 kali, 7 kali memenangi duel, 4 sentuhan bola di kotak penalti lawan, 3 tekel, 4 kali memenangi penguasaan bola, 1 tendangan.

Tipikal penyerang sayap, Mudryk suka melakukan penetrasi ke kotak penalti dan menunjukkan kualitas teknik. Ia tidak takut menghadapi lawan dan coba melewatinya. (bls/riz)