Delapan Guru Juara Lomba Baca Puisi Nasional 2022

    JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Delapan guru nasional telah terpilih menjadi pemenang dalam Lomba Guru Baca Puisi Nasional yang diselenggarakan JatengPos TV kerjasama Kelas Literasi Guru  Jawa Tengah (KLG).

    Lomba dalam rangka Hari Guru Nasional tanggal 25 Nopember 2022, itu diikuti hampir seribu orang.  Para pemenang diumumkan tanggal 30 Nopember live streaming, setelah dibuka selama hampir dua bulan, mulai tanggal 1 Oktober hingga 20 Nopember.

    Dari hampir seribu peserta lomba, diambil 30 orang finalis yang lolos untuk diupload di channel Youtub JategPosTV dari tanggal 25 – 30 Nopember.

    Ada tiga dewan juri yang menilai karya para peserta. Pertama Gunoto Saparie (penyair, pengarang puisi, sekaligus Ketua Persatuan Satu Pena Jawa Tengah). Kedua Tukijo, S.Pd, (seorang penulis puisis, penulis buku, trainner guru menulis, yang sekaligus  Ketua Kelas Literasi Guru (KLG), Jateng). Juri ketiga dari unsur media, Bejan Syahidan.

    Juara pertama diraih Rishawarti Anggraeni, S.Pd, dari SMP Al-Qonaah Bandung Jawa Barat. Juara kedua Astri Lestari dari SMP Negeri 23 Semarang.  Juara ketiga diraih Iis Islamiyah dari SMA Negeri 4 Semarang.

    Juara harapan I diraih Yuli Kusumawati dari SMK Negeri 2 Miri Sragen. Juara Harapan II diraih Karyanto Nugroho dari SD Negeri Ngadirgo 03 Semarang. Juara Harapan III diraih Julianti Ratnaningsih dari SD Negeri 14 Sragen.

    Dari upload 30 finalis di channel Youtub JatehgPosTV, panitia menambah dua katagori Juara Pavorit  versi pemirsa. Pertama Juara Pavorit penonton (vieuwers) terbanyak diraih Novi Ratnawati Rahayu, S.Pd dari SDK Tritunggal Semarang. Juara Pavorit Like terbanyak diraih Nurma Zuliyanti, S.Pd, MPd, dari SD Negeri 2 Rembang.

    Bejan Syahidan, Direktur JatengPos Group (Koran Jateng Pos, JatengPosTV, JatengPos.Co.id), sebagai penyelenggara mengatakan, antusiasme guru mengikuti lomba puisi  ini sangat luar biasa. Pesertanya dari berbagai wilayah di Indonesia mulai Aceh hingga Meraoke. Sarat peserta harus seorang guru negeri maupun swasta dari guru PAUD hingga guru SMA/SMK.

    Kriteria penilaian meliputi penghayatan, vokal, latar outdoor, kualitas video, format horizontal, dan lainya.

    Setiap peserta harus membaca salah satu dari dua puisi yang sudah ditentukan panitia. Pertama puisi dengan judul Balada Sang Guru, karya Kadang Dwija. Kedua Pahlawan yang Terlupakan, karya Ahmad Muslim Mabrur Umar.

    “Kami sangat bangga dan berterimakasih kepada seluruh peserta bapak/ibu guru, yang sudah mengirimkan video baca puisinya kepada panitia. Meski tidak semuanya jadi pemenang, kepedulian peserta untuk mengisi hari guru sekaligus menghidupkan sastra ini sangat luar biasa,”kata Bejan Syahidan saat pengumuman live sreaming.

    Bejan berharap, kedepan JatengPosTV akan berusaha menghidupkan kegiatan guru dengan berbagai even lainya.

    Selain mendapatkan hadiah uang, tiga puluh finalis semuanya akan mendapatkan sertifikat.

    Selain lomba guru baca puisi, dalam menyemarakkan hari guru 25 Nopember, JatangPosTV juga mengadakan pelatihan dan lomba guru menulis artikel di media massa. Hasil juaranya akan diumumkan 20 Desember 2022. Para pemenang juga akan mendapatkan hadiah uang pembinaan. (jan)